Faktor-faktor quarter life crisis : studi kuantitatif deskriptif pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Anjayani, Sugita Putri Nur (2021) Faktor-faktor quarter life crisis : studi kuantitatif deskriptif pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704046021_SUGITA_PUTRI_NUR_ANJAYANI] Text (SKRIPSI_1704046021_SUGITA_PUTRI_NUR_ANJAYANI)
1704046021_Sugita Putri N.A_Full Skripsi - Sugita Putri Nur Anjayani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui Quarter Life Crisis pada mahasiswa tingkat akhir UIN Walisongo Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu mahasiswa tingkat akhir UIN Walisongo Semarang mulai dari semester lima sampai dengan semester tiga belas dengan jumlah sampel sebesar 11 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni Kuesioner Quarter Life Crisis (QLC) yang berjumlah 15 item. Dengan teknik analisis data yang digunakan adalah norma kategorisasi menurut Azwar yang terdiri dari tiga kategori, yakni kategori tinggi, sedang dan rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategorisasi Quarter Life Crisis (QLC) pada mahasiswa tingkat akhir UIN Walisongo, yakni sebagai berikut 48 (43%) mahasiswa masuk dalam kategori quarter life crisis tinggi, 63 (57%) mahasiswa masuk dalam kategori quarter life crisis sedang, dan tidak ada yang berada pada kategori quarter life crisis rendah. Melalui hasil perhitungan rata-rata skor tiap aspek capaian pengukuran quarter life crisis, teridentifikasi urutan aspek dari tertinggi ke terendah yaitu aspek 4 (tertekan), aspek 3 (merasa cemas), aspek 7 (putus asa), aspek 1 (kebimbangan dalam mengambil keputusan), aspek 5 (penilaian diri negatif), aspek 6 (terjebak dalam situasi sulit) dan aspek 2 (khawatir dengan hubungan interpersonal).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Quarter life crisis; Emerging adulthood; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:02
Last Modified: 12 Feb 2022 06:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15076

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics