Analisis mekanisme pelepasan dalam buku Letting Go karya David R. Hawkins

Majid, Ashlihatul (2021) Analisis mekanisme pelepasan dalam buku Letting Go karya David R. Hawkins. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_17040406063_ASHLIHATUL_MAJID] Text (SKRIPSI_17040406063_ASHLIHATUL_MAJID)
1704046063_Ashlihatul_Majid__SKRIPSI_FULL-dikonversi - Ashlikah Majid.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (933kB)

Abstract

Dengan melihat banyaknya persoalan hidup yang di alami oleh orang-orang di sekitar saya, apalagi permasalahan yang semakin kompleks dan rumit seperti sekarang ini, terkadang manusia lupa caranya untuk bersyukur dan tidak menyadari bahwa apa yang di berikan oleh Tuhan itulah yang terbaik. Seperti kasus yang ada didalam berita REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR- Tim penyidik polsek ubud, bali, menemukan bahwa ada seorang warga Negara asing (WNA) asal Amerika Serikat berinisial RPE (51) tewas bunuh diri di sebuah lahan kososng di wilayah ubud gianyar, Korban di duga memiliki penyakit Multiple sclerosis yang membuatnya stress, dengan melihat kasus tersebut maka sikap pasrah perlu di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu maka dalam buku Letting Go Kekuatan tersembunyi sikap pasrah yang perlu dikaji dan dianalisis sehingga seseorang mampu memahami isi yang ada di dalamnya. Buku Letting Go ini menyajikan mekanisme untuk mengaktualisasikan kemampuan-kemampuan bawaan di dalam diri demi meraih kebahagiaan, kesuksesan, kesehatan, kesejahteraan, intuisi, cinta tanpa syarat, keindahan, kedamaian batin, dan kreativitas. Buku yang menjelaskan cara paling efektif untuk menyirnakan berbagai hambatan batin menuju pencerahan, dan mekanisme pasrah yang di jelaskan secara detail melalui psikoanalisis, untuk menyirnakan blok-blok batin yang menghalangi diri kita dari cinta dan kebahagiaan.
Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana mekanisme pelepasan dalam buku Letting Go karya Dr. Hawkins? Sedangakan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme pelepasan dalam Buku Letting Go karya Dr. Hawkins.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis, dengan sumber data primer yaitu buku Letting Go karya David R. Hawkins dan sumber data sekunder yaitu buku, jurnal dan artikel tentang terapi sufistik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah library research. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode content analysis.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: mekanisme pelepasan dalam Buku Letting Go karya David R. Hawkins ditekankan pada pelepasan energi negatif dimana seseorang mendambakan jalan menuju kebebasan, sikap pasrah (surrender) jalan yang paling pasti untuk menuju pemulihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mekanisme pelepasan; Psikologi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:07
Last Modified: 12 Feb 2022 06:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15078

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics