Penanaman nilai pendidikan damai di Sekolah Alam Pekalongan

Sabil, Ahmad Sa’id (2021) Penanaman nilai pendidikan damai di Sekolah Alam Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504036009_AHMAD_SA’ID_SABIL] Text (SKRIPSI_1504036009_AHMAD_SA’ID_SABIL)
1504036009_Ahmad Sa_id Sabil_Lengkap Tugas Akhir - said brother66.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari kekerasan atau konflik yang terkadang masih terjadi di dalam dunia pendidikan. Hal tersebut salah satunya didasari karena kurangnya instansi pendidikan dalam mengajarkan atau menerapkan nilai-nilai pendidikan damai di sekolah. Sudah semestinya pendidikan damai diterapkan oleh berbagai latar belakang sekolah, baik dari tingkat pendidikan usia dini hingga tingkat menengah atau lanjutan, agar terbebasnya instansi pendidikan dari konflik atau kekerasan yang bahkan terkadang menimbulkan korban jiwa.
Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mencegah dan menangani konflik atau kekerasan di sekolah adalah dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan damai di sekolah. Melalui pendidikan damai ditanamkan nilai-nilai yang menjadi dasar dalam membangun perdamaian seperti kedamaian dan anti-kekerasan, Hak Asasi Manusia, dan toleransi.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research), yang mana termasuk dalam pendekatan penelitian kualittatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan hasil penelitian ini bahwa penanaman nilai pendidikan damai dapat diaplikasikan secara langsung, maupun tidak langsung, dan disadari maupun tidak oleh para fasilitator. Penanaman nilai-nilai pendidikan damai diaplikasikan dalam berbagai kegiatan pemenuhan hak anak, menyampaikan pesan-pesan damai melalui media virtual, penerapan nilai toleransi dengan menjadikan sekolah sebagai sekolah inklusif, menangani konfik antar-siswa, pelaksanaan demokrasi dengan pembuatan kesepakatan bersama antara siswa dan fasilitator. Beberapa faktor yang mempengaruhi penanaman nilai pendidikan damai di Sekolah Alam Pekalongan yakni faktor pendukung berupa motivasi yang kuat dari pendiri sekolah, kerja sama beberapa pihak, dan kondisi lingkungan yang mendukung. Namun juga terdapat faktor penghambat berupa kondisi psikis siswa, belum semua fasilitator memahami dan menerapkan pendidikan damai, serta fasilitas-fasilitas pendukung yang seadanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan damai; Sekolah inklusif; Penanaman nilai-nilai
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:18
Last Modified: 12 Feb 2022 06:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15083

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics