Ritual-ritual keagamaan Hindu sebagai upaya pelestarian lingkungan

Rizqiani, Nur Fitria (2020) Ritual-ritual keagamaan Hindu sebagai upaya pelestarian lingkungan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504036018_NUR_FITRIA_RIZQIANI] Text (SKRIPSI_1504036018_NUR_FITRIA_RIZQIANI)
1504036018_Nur fitria rizqiani_Full Skripsi - Nur Fitria Rizqiani.pdf - Draft Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Ritual-Ritual Keagamaan Hindu Dalam Upaya Pelestarian Lingkungan (Studi Kasus Pura Agung Giri Natha Semarang).” Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini ialah penelitian kualitatif dengan metode Analisis Deskriptif, yang dilatarbelakangi banyaknya fenomena ketidakharmonisan hubungan antara manusia dengan lingkungan hidup. Dalam Agama Hindu untuk menjaga harmonisasi hubungan antara manusia dengan lingkungan terdapat dalam konsep ajaran Tri Hita Karana yang disebut dengan palemahan.
Dari penelitian didapati bahwa dalam Agama Hindu Upaya pelestarian lingkungan Hidup diwujudkan dengan dua cara yaitu dengan cara skala dan dengan cara niskala. Dalam upaya melestarikan lingkungan dengan cara skala Umat Hindu Pura Agung Giri Natha Semarang memberikan beberapa kontribusi diantaranya ialah Pelilitan kain saput poleng pada pohon-pohon besar, Penanaman pohon secara rutin bersamaan dengan pelaksanaan Upacara Melasti dan Pembuatan sumur peresapan di area sekitar Pura.
Penelitian ini membahas upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan Umat Hindu dengan cara niskala yaitu dengan melakukan ritual/upacara keagamaan. Diantara ritual-ritual yang dilakukan Umat Hindu di Pura Agung Giri Natha Semarang dalam upaya pelestarian lingkungan ialah Tumpek Kandang, Tumpek Landep, Tumpek Wariga, Upacara Melasti dan Upacara Mecaru

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ritual keagamaan; Hindu; Pelestarian lingkungan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 294 Religions of Indic origin > 294.5 Hinduism / Hindu
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:22
Last Modified: 12 Feb 2022 06:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15086

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics