Analisis konflik kenakalan remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Brebes

Maulana, Luxni (2020) Analisis konflik kenakalan remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504036019_LUXNI_MAULANA] Text (SKRIPSI_1504036019_LUXNI_MAULANA)
1504036019_Luxni Maulana_Full Skripsi - Luxni Maulana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis konflik kenakalan remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Brebes”. Konflik adalah fenomena yang tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan manusia, dalam organisasi sekolah perbedaan kepentingan dan keinginan antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan guru dengan guru dapat memicu timbulnya sebuah konflik. Konflik kenakalan remaja bukanlah suatu keadaan yang berdiri sendiri, melainkan ada faktor-faktor penyebab yang melatarbelakangi kenakalan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut ini: 1. Bagaimana kenakalan remaja yang terjadi di MTsN 5 Brebes? 2. Apa penyebab kenakalan remaja yang terjadi di MTsN 5 Brebes?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan Kepala Sekolah, guru Bimbingan Konseling, Guru PKN,Siswa, dan Orangtua siswa yang terlibat konflik di MTs N 5 Brebes. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur buku, jurnal, arsip sekolah, serta dokumen-dokumen. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis mengikuti model analisis Mile’s dan Huberman yaitu: 1. Data Reduction (Reduksi Data), 2. Data Display (Penyajian Data), 3. Conclucio Drawing (Menarik Kesimpulan)
Hasil Penelitian ini adalah 1. Kenakalan-kenalan siswa MTs N 5 Brebes diantaranya adalah membolos, memalak, mencuri, berkelahi, mabuk, bermasalah dengan guru, membolos, merokok dan tawuran. 2. Faktor yang penyebab terjadinya konflik di MTs N 5 brebes adalah faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor rendahnya perekonomian keluarga, pengelolaan emosi yang kurang baik, dan kurang memadainya Sumberdaya pengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 brebes.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Remaja; Konflik Kenakalan Remaja, Analisis Konflik, Faktor Penyebab Konflik Kenakalan Remaja, Analisis Konflik, Faktor Penyebab Konflik Kenakalan Remaja, Analisis Konflik, Faktor Penyebab Konflik Kenakalan Remaja, Analisis Konflik, Faktor Penyebab Konflik Kenakalan remaja; Analisys konflik; Faktor penyebab konflik
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.6 Conflict and conflict resolution
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:24
Last Modified: 12 Feb 2022 06:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15087

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics