Fenomena sedekah bumi sebagai tradisi mempererat kerukunan umat beragama di Desa Lumbungmas Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati

Musdalifah, Siti (2021) Fenomena sedekah bumi sebagai tradisi mempererat kerukunan umat beragama di Desa Lumbungmas Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704036013_SITI_MUSDALIFAH] Text (SKRIPSI_1704036013_SITI_MUSDALIFAH)
SKRIPSI Siti Musdalifah NIM 1704036013 - Muzdalifah hhh(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tradisi merupakan bagian penting yang tidak terlupakan bagi masyarakat Jawa. Tradisi sedekah bumi menjadi salah satu tradisi yang masih lestari hingga saat ini. Kegiatan ini dilaksanakan masyarakat dengan membawa sesaji, makanan dan berkumpul di suatu tempat yang telah ditentukan untuk menggelar tradisi sedekah bumi.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tentang proses pelaksanaan tradisi sedekah bumi dan sikap masyarakat dalam memelihara kerukunan umat beragama melalui tradisi sedekah bumi. Menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini bahwasanya, pertama, proses pelaksanaan tradisi sedekah bumi dilakukan setelah masa panen padi bertempat di punden desa dengan berbagai macam proses. Membakar upet dan menaruh kembang telon di punden pada sore hari sebelumnya, kemudian esok harinya warga gotong royong membersihkan punden untuk acara intinya yaitu menjelang siang, dengan warga masyarakat membawa makanan semampu mereka, seperti pasung, bugis, tape, nasi putih, ikan/ayam, pisang, dan ketan sebagai tanda syukur masyarakat terhadap limpahan panen yang telah diberikan oleh penguasa alam. Kedua, Sikap masyarakat dalam memelihara kerukunan umat beragama melalui tradisi sedekah bumi cukup baik. Meskipun masyarakat memiliki sikap yang bervariasi dalam menyikapi tradisi ini, tetapi masyarakat desa Lumbungmas kecamatan Pucakwangi kabupaten Pati memiliki sikap yang positif dengan adanya sikap mengakui adanya perbedaan agama, menyetujui dengan segala perbedaan tanpa saling berselisih, penerimaan atas perbedaan yang muncul, dan juga melaksanakan norma-norma yang berlaku dengan selalu melestarikan tradisi yang diturunkan oleh nenek moyang. Selain itu masyarakat desa Lumbungmas juga mencerminkan sikap kerukunan umat beragama yaitu, toleransi, yakni masyarakat saling menerima dengan adanya tempat ibadah masing-masing agama. Kesetaraan, dapat dilihat ketika umat Kristen memberikan hak serta dukungan atas berdirinya mushola di dekat gereja. Kerjasama, yaitu keseharian masyarakat desa Lumbungmas yang saling bekerjasama dalam berbagai hal, seperti gotong royong membangun rumah salah satu warga, membangun mushola bersama, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Sedekah bumi; Kerukunan umat beragama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 398 Folklore
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:29
Last Modified: 12 Feb 2022 06:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15089

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics