Pengobatan melalui ayat-ayat Al-Qur’an : studi atas pengobatan ustadz Abdul Muntolib di Ringin Sari 2 Ngaliyan Semarang

Naini, Siti Nur (2020) Pengobatan melalui ayat-ayat Al-Qur’an : studi atas pengobatan ustadz Abdul Muntolib di Ringin Sari 2 Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026045_SITI_NUR_NAINI] Text (SKRIPSI_1504026045_SITI_NUR_NAINI)
1504026045_Siti Nur Naini_Lengkap Tugas Akhir - Nur Naini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an dapat menyembuhkan penyakit jasmani maupun rohani,oleh karena itu berdasarkan hal ini peneliti melakukan penelitian mengenai 1) Bagaimana pandangan Ustadz Abdul Muntolib terhadap ayat-ayat yang digunakan dalam pengobatan? 2) Bagaimana Fungsionalisasi ayat-ayat Al-Qur’an yang digunakan di Ringin Sari 2 Ngaliyan Semarang?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber primer dari penelitian ini adalah Ustadz Abdul Muntolib, pasien, dan kitab-kitab, buku-buku, serta artikel dan jurnal yang mempunyai hubungan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dengan pengobat (ustadz), pasien serta keluarga pasien, metode observasi ketika pelaksanaan pengobatan alternatif yang bertempat di ringin sari 2 ngaliyan semarang. Metode dokumentasi berupa hasil foto penelitian saat pengobatan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengobatan melalui ayat-ayat al-qur’an ada beberapa tahap, tahap pra pengobatan dengan mendiagnosis penyakit pasien. Tahap pengobatan pertama: terapis melakukan bacaan ayat al-qur’an, kedua: terapis melakukan pukulan ringan kepada pasien sambil membacakan doa serta dampak bacaan ayat al-qur’an terhadap pengobatan sangat berpengaruh untuk para pasien di pengobatan ustadz abdul muntolib karena setelah menjalani
terapi dengan ayat al-qur’an lebih banyak menunjukan perubahan signifikan, bahkan pasien sudah bisa menggerakan anggota tubuh yang tidak bergerak sama sekali bisa bergerak Ketika diobati oleh ustadz abdul muntolib dengan bacaan ayat al-qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Obat; Pengobatan Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1228 Nonreligious subjects treated in the Al-Quran
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:57
Last Modified: 12 Feb 2022 06:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15098

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics