Peran dan tanggung jawab intelektual muslim dalam Al-Qur’an : analisis penafsiran Sayyid Quthb terhadap ayat ulul albab dalam Tafsir Fi Zhilalil Qur’an

Lawito, Muhammad Bahrul (2020) Peran dan tanggung jawab intelektual muslim dalam Al-Qur’an : analisis penafsiran Sayyid Quthb terhadap ayat ulul albab dalam Tafsir Fi Zhilalil Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026054_MUHAMMAD_BAHRUL_LAWITO] Text (SKRIPSI_1504026054_MUHAMMAD_BAHRUL_LAWITO)
Skripsi 1504026054 - Bahrul Muhammad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Ulu@l Alba@b merupakan orang-orang yang memiliki pemikiran dan pemahaman yang benar, bersikap kritis dalam menerima pengetahuan dan pembicaraan orang lain. Di dalam al-Qur’an term ulul albab disebutkan sebanyak 16 kali dan memiliki makna yang berbeda-beda. Ulu@l Alba@b atau sering disebut sebagai intelektual muslim adalah seseorang yang memiliki ketajaman intiusi dan intelektual, memiliki kesediaan menyampaikan ilmunya kepada orang lain, memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki masyarakat serta terapanggil hatinya untuk menjadi pelopor terciptanya kemaslahatan dalam masyarakat.
Di zaman modern ini, intelektual muslim dihadapkan dengan tuntutan yang sangat kompleks, terutama dalam hal mempersiapkan masyarakat agar mampu menghadapi perubahan dinamika yang sangat pesat. Seperti contoh pembunuhan, perampokan, tawuran antar pelajar, isu-isu moralitas remaja, dan lan-lain. Dalam hal ini, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kaum intelektual muslim, apakah seseorang intelektual itu sebagai kreator, distributor dan motivator serta peran apa yang dilakukan dalam menciptakan perubahan dalam masyarakat. Dari latar belakang di atas, penelitian ini mencoba meneliti “Peran dan Tanggung Jawab Intelektual Muslim dalam Al-Qur’an (Analisis Penafsiran Sayyid Quthb terhadap Ayat Ulu@l Alba@b dalam Tafsi@r fi@ Z{ila@lil Qur’a@n)”. Selain itu, dalam penelitian ini ingin mengungkapkan peran dan tanggung jawab intelektual muslim atau Ulul Albab dalam membangun peradaaban.
Berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini, tujuan yang hendak penulis capai dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana penafsiran ayat Ulu@l Alba@b menurut Sayyid Quthb dalam Tafsi@r fi@ Z{ilalil Qur’a@n. 2). Bagaimana Implikasi Peran dan Tanggung Jawab Intelektual Muslim dalam Membangun Peradaban. Nilai guna dalam penulisan skripsi ini adalah: 1). Memberikan sumbangsih wawasan dalam memahami pemikiran mufassir. 2). Memberikan dan mempermudah kepada pembaca dalam memahami pesan-pesan yang terkandung dalam Al-Qur’an. 3). Memberikan dan menambah wacana baru dalam bidang Al-Qur’an dan Tafsir.
Jenis metode penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), metode mengumpulkan, menyusun dan menelaah data-data yang relevan dalam penelitian ini untuk mendapatkan jawaban dari masalah dalam penelitian
ini. yaitu sumber primernya diambil dari Tafsir fi Zhilalil Qur’an dan karya-karya Sayyid Quthb, adapun sumber sekundernya diambil dari karya-karya yang berkaitan dengan peran dan tanggung jawab intelektual muslim.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa esensi keintelektualan seseorang bukan ditentukan dengan kemampuan ilmunya melainkan sejauhmana komitmen terhadap masalah-masalah dalam masyarakat. Peran dan Tanggung Jawab intelektual muslim adalah membangkitkan, membangun dan menerangi masyarakat sehingga melahirkan kesadaran kolektif dalam menata kehidupan yang harmonis dan dinamis. Perananan intelektual muslim dalam membangun peradaban antaralain: 1). Berupaya menggali penemuan-penemuan baru. 2). Memberi tauladan dalam pengalaman ajaran Islam di masyarakat. 3). Menyebarkan ilmu pengetahuan kepada seluruh masyarakat. 4). Senantiasa tampil sebagai pembaharu dalam masyrakat.5). Orientasi utama intelektual muslim harus senantiasa berpihak pada kepentingan masyarakat. Dari hasil penelitian ini semoga dapat memberikan kontribusi terhadap seorang intelektual muslim dalam membangun peradaban yang dinamis, harmonis dan menicptakan kedamaian untuk masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Intelektual muslim; Ulul albab; Sayyid Quthb; Tafsir fi Zhilalil Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 07:03
Last Modified: 12 Feb 2022 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15101

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics