Metode syaraḥ hadīṡ Dr. Sālih bin Fauzān bin ‘Abdillāh al-Fauzān dalam kitab al-Minḥatu ar-Rabbāniyyah fī Syarḥ al-Arba‘īn an-Nawawiyyah

Kamilia, Fithrotul (2020) Metode syaraḥ hadīṡ Dr. Sālih bin Fauzān bin ‘Abdillāh al-Fauzān dalam kitab al-Minḥatu ar-Rabbāniyyah fī Syarḥ al-Arba‘īn an-Nawawiyyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026093_FITHROTUL_KAMILIA] Text (SKRIPSI_1504026093_FITHROTUL_KAMILIA)
1504026093_FITHROTUL KAMILIA_Lengkap Tugas Akhir - Fithrotul Kamilia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kitab al-Minḥatu ar-Rabbāniyyah fī Syarḥ al-Arba’īn an-Nawawiyyah adalah kitab syaraḥ ḥadīṡ karya Dr. Ṣālih bin Fauzān bin ‘Abdillāh al-Fauzān, seorang syaikh yang mulia yang berasal dari keluarga (Alu) Fauzān dari suku asy-Syamasiyah, yaitu penduduk yang menepati lembah ad-Dawasir. Kitab ini merupakan salah satu kitab yang tergolong baru (kontemporer) yakni disusun pada hari Senin pagi, tanggal 19 Syawal 1426 H dan selasai pada hari Senin pagi, tanggal 21 Dzulqa’dah 1427 H. Hal inilah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian atas kitab ini, karena dapat dijadikan salah satu representasi dari perkembangan syaraḥ ḥadīṡ masa kini.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui metode dan pendekatan syaraḥ yang digunakan Dr. Ṣālih bin Fauzān bin ‘Abdillāh al-Fauzān dalam kitab al-Minḥatu ar-Rabbāniyyah fī Syarḥ al-Arba’īn an-Nawawiyyah, serta kelebihan dan kekurangan kitab al-Minḥatu ar-Rabbāniyyah fī Syarḥ al-Arba’īn an-Nawawiyyah karya Dr. Ṣālih bin Fauzān bin ‘Abdillāh al-Fauzān dibandingkan dengan kitab al-Wāfī karya Dr. Muṣṭafā Dīb al-Bugā dan Dr. Muhyiddin Mistu.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang termasuk dalam penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis data dengan metode induktif-komparatif. Sumber data utama adalah kitab al-Minḥatu ar-Rabbāniyyah fī Syarḥ al-Arba’īn an-Nawawiyyah karya Dr. Ṣālih bin Fauzān bin ‘Abdillāh al-Fauzān (data primer) serta buku-buku penunjang yang terkait dengan penelitian (data sekunder).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode syaraḥ yang digunakan Dr. Ṣālih bin Fauzān bin ‘Abdillāh al-Fauzān pada kitab al-Minḥatu ar-Rabbāniyyah fī Syarḥ al-Arba’īn an-Nawawiyyah adalah metode ijmālī, karena penjelasan yang ada tergolong singkat, padat, dan mudah dipahami tidak berbelit-belit. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan uraian yang panjang juga diberikan dalam mensyaraḥ ḥadīṡ tertentu. Sementara pendekatan yang digunakan Dr. Ṣālih bin Fauzān bin ‘Abdillāh al-Fauzān adalah teologis normatif. Namun, tidak menutup kemungkinan menggunakan pendekatan lain yaitu pendekatan bahasa.
Kelebihan dari kitab al-Minḥatu ar-Rabbāniyyah fī Syarḥ al-Arba‘īn an-Nawawiyyah karya Dr. Ṣālih bin Fauzān bin ‘Abdillāh al-Fauzān adalah penjelasan ḥadīṡ secara ringkas, padat, tidak berbelit-belit dan mudah untuk difahami. Selain itu, pengarang dalam mensyaraḥi ḥadīṡ dengan mencantumkan ayat-ayat al-Qur’an dan ḥadīṡ sebagai penjelas dan syahīd (penguat syaraḥ). Adapun kekurangannya adalah tidak adanya pembahasan tentang biografi pensyaraḥ dan tidak semua adanya penjelasan kualitas ḥadīṡ, hal ihwal yang berkaitan dengan rawī pertama (sahabat), makna secara bahasa, dan bunyi lafaẓ atau struktur kata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Syaraḥ Hadis; Studi hadis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 07:17
Last Modified: 12 Feb 2022 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15107

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics