Resepsi pembacaan Al-Qur’an (Surat Al-Waqi’ah dan Surat Yasin) di Pondok Pesantren Al-Itqon Kebonharjo Patebon Kendal

Nasihah, Rodhotun (2020) Resepsi pembacaan Al-Qur’an (Surat Al-Waqi’ah dan Surat Yasin) di Pondok Pesantren Al-Itqon Kebonharjo Patebon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026160_RODHOTUN_NASIHAH] Text (SKRIPSI_1504026160_RODHOTUN_NASIHAH)
SKRIPSI FULL - Mas Ir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an dikalangan umat islam tidak asing lagi untuk dibacanya. Kaum muslim di Indonesia banyak yang melakukan amalan-amalan dengan membaca al-Qur’an secara rutin dengan bertujuan untuk mendatangkan kemanfaatan bagi dirinya, selain sebagai ibadah mereka juga ada maksud untuk mendapatkan khasiat dari surah-surah yang mereka baca. Seperti di pondok pesantren Al-Itqon Kebonharjo Patebon Kendal yang mengamalkan membaca surah Ya>si>n dan surah al-Waqi’ah. Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : bagaimana praktik pembacaan surah Yasin dan surah al-Waqi’ah di pondok pesantren Al-Itqon Kebonharjo dan apa makna pembacaan surah Yasin dan syrah al-Waqi’ah di pondok pesantren Al-Itqon Kebonharjo ? Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut, peneliti menggunakan penelitian lapangan (fileld research). Sumber data primer dari penelitian ini yaitu wawancara kepada pengasuh, pengurus, dan santri pondok pesantren Al-Itqon Kebonharjo Patebon Kendal dan juga kegiatan yang ada di pondok pesantren Al-Itqon Kebonharjo, Adapun data sekundernya yaitu literatur-literatiur atau buku-buku yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu : Pertama, rutinitas pembacaan surah Yasin dan surah al-Waqi’ah di pondok pesantren Al-Itqon dimulai sejak berdirinya pondok pesantren. Untuk surah Yasin yang dibaca di pondok pesantren Al-Itqon yaitu Yasin Fadhilah dibaca setiap hari jumat setelah selesai jamaah subuh yang dipimpin langsung oleh pengasuh yaitu KH Ahamad Ayub Nu’man Haji Mahrus, sedangkan surah al-Waqi’ah dibaca setiap malam sehabis sholat tahajud dipimpin oleh pengurus pondok pesantren Al-Itqon, ada beberapa ayat dalam surah al-Waqi’ah yang dibaca secara berulang-ulang yaitu ayat ke 32, 33 dan 88, 89 di ulang sebanyak empat belas kali. Kedua, berdasarkan analisis peneltian bahwa resepsi pembacaan surah Yasin dan suarah al-Waqi’ah di pondok pesantren Al-Itqon Kebonharjo menggunakana resepsi fungsional yaitu al-Qur’an diterima dan ditespon dengan maksud dan tujuan tertentu. Tujuan pengasuh pesantren dalam membaca surah Yasin dan surah al-Waqi’ah adalah supaya santri terbiasa membaca al-Qur’an untuk menanamkan rasa cinta terhadap al-Qur’an dengan harapan mendapat rahmat dan hidayah. Sedangkan balasan dari pembacaan surah Yasin dan surah al-Waqi’ah yaitu : mendapatkan rizki yang berlimpah, dijauhkan dari kefakiran, dimudahkan dalam belajar, mendapat ilmu yang manfaat. Diantara dasar yang dipegang oleh pengasuh dalam mengamalkan surat tersebut pasti tidak lepas dari pengalamannya ketika masih belajar, sehingga dalam hati telah tertanam rasa keyakinan dan motivasi untuk mengamalkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembacaan Al-Qur’an; Surat Al-Waqi’ah; Surat Yasin; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 07:41
Last Modified: 12 Feb 2022 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15116

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics