Husnuzzan dan etika sosial dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 12

Amrullah, Muhammad Fikri (2021) Husnuzzan dan etika sosial dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 12. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704026050_MUHAMMAD_FIKRI_AMRULLOH] Text (SKRIPSI_1704026050_MUHAMMAD_FIKRI_AMRULLOH)
1704026050_MUHAMMAD FIKRI AMRULLOH_Full Skripsi - Fikri Amrullah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Prasangka secara umum merupakan salah satu prilaku yang secara alami dimiliki oleh setiap manusia, yang terbagi menjadi dua yakni: prasangka baik dan prasangka buruk. Prasangka baik (h}usnuz}z}an) merupakan bagian dari akhlak terpuji dan memiliki banyak dampak positif khususnya dalam kehidupan sosial. Sikap tersebut dapat menjadi salah satu pondasi utama dalam menumbuhkan interaksi sosial yang baik. Kemudian, hal itu direlasikan dengan pemahaman mengenai etika sosial yang berperan sebagai salah satu tolak ukur dalam berprilaku. Berdasarkan penjelasan mengenai hal tersebut dalam surah Al-H}ujurat ayat 12, yang berisi peringatan mengenai larangan banyak prasangka (prasangka buruk), menjauhi prilaku mencari-cari kesalahan orang lain dan menggunjing. Hal ini dapat menjadi pedoman bagi kita untuk menciptakan tatanan kehidupan yang baik. Pembahasan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data utama yakni surah Al-H}ujurat ayat 12 beserta referensi-referensi lain sebagai data sekunder untuk menunjang pembahasan. Kandungan makna yang terdapat dalam ayat tersebut bersumber dari kitab-kitab tafsir dan dipahami dengan menggunakan metode tafsir maudhu’i (tematik). Kemudian pada proses analisisnya menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pembahasan tersebut. Secara umum surah Al-H}ujurat ayat 12 menjelaskan tiga hal, yakni: Larangan banyak prasangka (prasangka buruk), mencari keburukan orang lain dan menggunjing. Ketiga hal tersebut merupakan perbuatan-perbuatan yang memiliki dampak buruk dalam kehidupan. Maka Menerapkan sikap H}usnuz}z}an dan memahami etika sosial, merupakan salah satu upaya untuk menjauhi perbuatan yang dilarang tersebut beserta akibat buruknya dan mewujudkan interaksi sosial beserta tatanan kehidupan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prasangka; Husnuzzan; Etika sosial; Tafsir Al-Qur'an; Al-Hujurat ayat 12
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 03:28
Last Modified: 19 Feb 2022 03:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15121

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics