Konsep ilmu menurut Al Ghazali relevansinya dengan Unity Of Science

Arifin, Ahmad Zainul (2020) Konsep ilmu menurut Al Ghazali relevansinya dengan Unity Of Science. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504016011_AHMAD ZAINUL ARIF_lengkapIN] Text (SKRIPSI_1504016011_AHMAD ZAINUL ARIF_lengkapIN)
1504016011_AHMAD ZAINUL ARIFIN_FULL SKRIPSI - Latif Asyhari(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Semakin bertambah umur manusia mestinya semakin banyak pula perolehan pengetahuanya. Dilihat dari motif pengetahuan yang muncul maka pengetahuan ada dua cara. Pertama pengetahuan yang diperoleh begitu saja, tanpa adanya niat, tanpa usaha. Kedua pengetahuan muncul dari rasa ingin tahu, yakni pengetahuan yang diusahakan melalui pembelajaran. Kemunculan rasa ingin tahu manusia itu muncul dan sudah dari fitrah bagi manusia itu sendiri (Sunnatullah). Rasa ingin tahu bagian dari kepastian. Sebenarnya pengetahuan sains tidaklah sederhana itu. Pengetahuan sains harus berdasarkan logika.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana konesp Ilmu menurut Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Unity of Science. Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan hasil-hasil data diperoleh dari kajian kepustakaan dianalisis secara kualitatif dan kritis interpretatif. Masalah utama yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana konsep ilmu menurut Al-Ghazali relevansinya dengan Unity of Science.
Al-Ghazali berpendapat bahwa untuk mendapat kebahagiaan hidup di dunia dan diakhirat, seseorang itu hendaklah mempunyai ilmu dan kemudian wajib untuk diamalkan dengan baik dan ikhlas. Pengetahuan ilmu (science), dapat diartikan secara sempit untuk menunjukkan ilmu pengetahuan alam yang sifatnya kuantitatif dan objektif, yang berprinsip untuk mengorganisasikan dan mensistematisasikan common sense dengan cermat dan teliti dengan menggunakan berbagai metode.
Keutamaan ilmu dapat menjadi penyebab manusia untuk mendapatkan derajat yang lebih baik. Melalui ilmu manusia dapat menzahirkan existensinya sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agar seseorang sampai kepada hakikat itu haruslah ia tahu atau berilmu tentang hakikat itu. Kemudian ilmu mengetahui sesuatu menurut apa adanya, dan ilmu itu adalah sebagian dari sifat-sifat Allah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep ilmu; Al-Ghazali; Unity of science
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.01 Philosophy and Theory of Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 03:36
Last Modified: 19 Feb 2022 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15126

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics