Upacara nyadran kali Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang : studi analisis filsafat nilai Max Scheler

Wakhid, Abdur Rahman (2020) Upacara nyadran kali Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang : studi analisis filsafat nilai Max Scheler. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504016047_ABDUR_RAHMAN_WAKHID] Text (SKRIPSI_1504016047_ABDUR_RAHMAN_WAKHID)
1504016047_Abdur Rahman Wakhid_skripsi - Abdur Rahman Wakhid(3).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upacara Nyadran Kali di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan teori Filsafat Nilai Max Scheler, yakni yang menitikberatkan pada teori Fenomenologi dari MaxScheler. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan serta menjelaskan tentang makna prosesi pelaksanaan upacara “Nyadran Kali” yang terkandung didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan penelitian teknik pengambilan data wawancara karena penelitian ini adalah penelitian studi kasus lapangan (field research). Serta observasi, yakni mengamati secara langsung upacara Nyadran Kali. Dari penelitian terhadap upacara Nyadran Kali di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dapat disimpulkan bahwa upacara ini memiliki Nilai hierarki. Nilai tersebut menurut Max Scheler ialah bersumber dari pengalaman intuitif dan religius masyarakat tersebut. Dalam upacara tersebut, esensinya terletak pada wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang menjadi nilai tertinggi. Nilai estetis pada upacara Nyadran Kali terletak pada tari Matirta Suci, nilai vitalitas yang terletak pada keluhuran upacara tersebut, dan nilai kenikmatan yang terletak pada arak-arakan hasil Bumi yang berupa sayuran dan buah-buahan.
Penelitian ini mempunyai manfaat diantaranya, menjadikan tambahan bagi khazanah keilmuan, terkhusus bagi keilmuan dalam bidang filsafat Islam, serta mampu memberikan sumbangsih atau kontribusi terhadap para penulis yang membahas dalam penelitian ini terkait kajian filsafat yang fokus pada filsafat nilai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nyadran kali; Filsafat nilai; Fenomenologi; Max Scheler
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 394 General customs
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 03:42
Last Modified: 19 Feb 2022 03:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics