Etika sosial dalam Suluk Sunan Katong

Wardani, Irma Kusuma (2021) Etika sosial dalam Suluk Sunan Katong. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504016048_IRMA_KUSUMA_WARDANI] Text (SKRIPSI_1504016048_IRMA_KUSUMA_WARDANI)
1504016048 irma kusuma wardani lengkap tugas akhir - irma kusuma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh etika yang terkandung dalam “Serat Panitibaya” merupakan karya sastra kuno berbahasa Jawa Kuno. Serat Panitibaya memuat doktrin moral yang dibingkai oleh 176 larangan dalam mengarungi kehidupan didunia ini, berupa puisi klasik / tembang dan metrum macapat. Serat panitibaya memiliki struktur pada bentuk dan sifatnya. “Serat Panitibaya” merupakan karya sastra kuno yang tidak hanya terkenal keberadaannya, tetapi juga diwakili oleh aksara “Serat Panitibaya” yang menunjukkan citra kehidupan masyarakat. Peristiwa dalam benak orang sering kali menjadi bahan tulisan, yang sebenarnya merupakan cerminan dari hubungan orang dengan orang lain atau dengan masyarakat. Dengan demikian, “Serat Panitibaya” dapat digunakan sebagai bahan untuk membangun kembali tatanan sosial, pola hubungan sosial, dan menunjang nilai-nilai masyarakat tempat lahirnya karya-karya lama dan apa yang terjadi saat ini.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan studi kepustakaan sebagai pendekatannya. Sumber data primer yang diperoleh dari penelitian ini berasal dari “Serat Panitibaya” yang ada dalam museum Ronggowarsito Semarang. Hal tersebut diambil karena naskah asli dari sumber primer dalam penelitian ini tidak bisa dipinjam secara publik. Selain itu, penelitian ini juga didukung oleh sumber data sekunder yang berasal dari buku, jurnal, artikel, penelitian lainnya, dan tulisan-tulisan yang memiliki keterkaitan dengan penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode dokumentasi, sesuai dengan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu studi kepustakaan. Metode analisisnya adalah menggunakan metode deskriptif dan metode analisis logis historis.
Penelitian ini mendapatkan hasil kesimpulan bahwa isi di dalam “Serat Panitibaya” (Suluk Sunan Katong) ada sebuah aturan larangan yang tidak boleh dilakukan maupun boleh dilakukan. Inti isi Suluk Sunan Katong membahas sebuah etika (perilaku, adab, perbuatan, larangan, aqidah, akhlak, sikap, tata krama, kejahatan, pernikahan, perceraian dan tentang meluruskan kehidupan manusia agar lebih baik dan sesuai ajaran Agama Islam). Didalam pemikiran etika menurut Sunan Katong ada dampak pemikiran positif dan negatif. Bagaimana manusia bisa menyaring sebuah aturan, pesan atau sebuah buku pegangan yang menjadikan manusia hidup yang sesuai aturan dan ajaran Agama Islam agar manusia tidak terjerumus hal-hal yang negatif. Terakhir, relevansi pemikiran etika yang ada dalam Serat Suluk Sunan Katong merupakan Sebuah perilaku baik buruk sebuah etika (akhlak mahmudah dan sayyiah). Di dalam pemikiran Serat Suluk Sunan Katong (Serat Panitibaya) relevansi di dalam kehidupan sekarang itu masih ada hingga saat ini. Karena, Serat Suluk Sunan Katong terdapat sebuah aturan atau larangan yang harus ditaati dalam sebuah kehidupan, dalam generasi terdahulu hingga kedepanya.Larangan yang diberikan Sunan Katong untuk umat manusia harus di laksanakan. Agar dalam kehidupan menjadi tentram, tanpa adanya pertikaian, dan agar tidak merusak Aqidah yang di berikan oleh negara. Didalam pemikiran Etika Sosial dalam Suluk Sunan Katong terdapat Relevansi dalam kehidupan terdahulu hingga sekarang. Yang menjadikan manusia menjadi umat yang lebih baik dan tertata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika sosial; Suluk; Serat Panitibaya; Sunan Katong
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 177 Ethics of social relations
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 03:43
Last Modified: 19 Feb 2022 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15131

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics