Studi komparasi penggunaan model pembelajaran tipe make a match dan model pembelajaran tipe example non example dengan kombinasi penggunaan alat peraga paru-paru sederhana terhadap hasil belajar siswa materi sistem ekskresi manusia kelas IX di MTs Muhammadiyah Wanasari Brebes

Akrimah, Ayu Diana (2020) Studi komparasi penggunaan model pembelajaran tipe make a match dan model pembelajaran tipe example non example dengan kombinasi penggunaan alat peraga paru-paru sederhana terhadap hasil belajar siswa materi sistem ekskresi manusia kelas IX di MTs Muhammadiyah Wanasari Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133811058_Ayu_Diana_Akrimah] Text (SKRIPSI_133811058_Ayu_Diana_Akrimah)
133811058_AYU DIANA AKRIMAH_FULL SKRIPSI - ayu diana akrimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan proses pembelajaran yaitu penggunaan model pembelajaran yang dapat menciptakan kondisi siswa lebih aktif dan meningkatkan hasil belajar siswa sendiri.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan menganalisis hasil belajar dan perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Make a match dan Example non example dengan kombinasi penggunaan alat peraga paru-paru sederhana pada materi sistem ekskresi manusia kelas IX di MTs Muhammadiyah Wanasari Brebes.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subyek penelitian sebanyak 34 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas IX A dan IX B. Metode pengambilan data yaitu dengan observasi, wawancara, tes serta dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji validitas dengan menggunakan korelasi poin biseral, uji reliabilitas dengan rumus r11, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a match mengalami peningkatan sebesar 10,12 dengan nilai rata-rata 78,41. Dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Example non example mengalami peningkatan 7,71 dengan nilai rata-rata 71,94. Pada analisis perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,037 yang menunjukkan kriteria nilai signifikansi hitung < 0,05 (5%), maka H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Make a match; Example non example; Alat peraga; Sistem ekskresi manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 04:18
Last Modified: 19 Feb 2022 04:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15147

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics