Analisis penerapan strategi digital marketing pada toko Mutiara Hijab Kota Salatiga dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus Mutiara Hijab Salatiga

Fikri, Muhammad Izzul (2020) Analisis penerapan strategi digital marketing pada toko Mutiara Hijab Kota Salatiga dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus Mutiara Hijab Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_132411192_MUHAMMAD_IZZUL_FIKRI] Text (SKRIPSI_132411192_MUHAMMAD_IZZUL_FIKRI)
132411192_Muhammad Izzul Fikri_Full Skripsi - muhammadizzul fikri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Toko “Mutiara Hijab” merupakan salah satu toko fasion muslimah yang terletak ada di kota Salatiga . Yang mana suatu perusahaan biasanya memiliki satu persepsi dari semua komponen perusahaan dalam rangka implementasi strategi induk dan strategi operasional, dengan tujuan dan berbagai sasaran yang telah ditetapkan untuk dicapai. Dengan adanya internet, perkembangan pemasaran menuju level baru semakin meningkat, pemasaran tersebut dinamakan sebagai digital marketing. Penelitian ini membahas mengenai strategi digital marketing yang dilakukan oleh Toko Mutiara Hijab. Toko Mutiara Hijab merupakan perusahaan fashion e-commerce yang menjanjikan dalam hasil penjualan terhadap masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana analisis strategi digital marketing Mutiara Hijab yang berpusat pada media sosial instagram dan juga sebagai toko offline.
Peneleitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing secara digital dalam perspektif islam yang terdiri dari beberapa karakteristik. Untuk mengetahui karakteristik pasar dan struktur pasar sangatlah menguntungkan bagi perusahaan untuk dapat tetap bersaing dan survive. Kekurangan dan kelebihan suatu perusahaan hendaknya dianalisis, sehingga menjadi sebuah titik tolak yang kuat buat perusahaan dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien serta untuk memperkuat posisinya dari para pesaing yang ada sebelumnya. Dalam laporan keuangannyapun pada toko Mutiara Hijab ini mengalami peningkatan atau penurunan penjualan.
Dianalisis menggunakan metode analisis data secara kualitatif. Dengan metode penelitian wawancara, yang dilakukan peneliti terhadap para informan toko Mutiara Hijab. Dan dengan prosedur penelitian lapangan yang menghasilkan data deskriptif, berupa data-data tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati di sekitar took Mutiara Hijab. Karena itu dalam penelitian ini setiap gejala yang terkait dengan strategi digital marketing dalam perspektif islami di toko Mutiara Hijab akan dikaji secara menyeluruh dan mendalam serta diupayakan memberikan makna tentang fenomena yang ditemukan nantinya.
Dari hasil penelitian dapat dilihat dari strategi digital marketing dalam perspektif Islam, toko Mutiara Hijab selain menerapkan teori dan konsep strategi digital marketing maupun non digital konvensional, juga menerapkan strategi pemasaran secara Islami yang terdiri atas tiga hal pokok pertama, penerapan karakteristik pemasaran secara Islami; kedua, penerapan etika bisnis secara Islami; ketiga, mencontoh praktik pemasaran yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW yaitu: Shiddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Digital digital; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 04:22
Last Modified: 19 Feb 2022 04:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15150

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics