Peran orang tua dalam pergaulan anak pada buku mencetak generasi rabbani karya Abu Ihsan Al-Atsari dan Ummu Ihsan (aktualisasinya dalam pendidikan islam)

Basuki, Fajri Tri (2010) Peran orang tua dalam pergaulan anak pada buku mencetak generasi rabbani karya Abu Ihsan Al-Atsari dan Ummu Ihsan (aktualisasinya dalam pendidikan islam). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133111004_FAJRI_TRI_BASUKI] Text (SKRIPSI_133111004_FAJRI_TRI_BASUKI)
SKRIPSI_133111004_FAJRI_TRI_BASUKI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berisi tentang peran orang tua dalam pergaulan anak dan aktualisasinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji perlunya peran orang tua dalam pergaulan anak. Kajian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penyimpangan perilaku yang dilakukan remaja. Salah satu penyebabnya adalah teman dan pergaulan yang buruk, faktor utamanya adalah minimnya peran orang tua dalam pergaulan anak sebagaimana tersurat dalam nilai-nilai pendidikan Islam. Kajian ini bermaksud untuk menjawab masalah: bagaimana peran orang tua dalam pergaulan anak pada buku Mencetak Generasi Rabbani karya Abu Ihsan al-Atsari dan Ummu Ihsan dan aktualisasinya dalam pendidikan Islam.
Permasalahan tersebut akan dijawab menggunakan pendekatan kualitatif literer murni (library research) dan dengan menggunakan analisis isi (content analisys) dengan mengacu pada satu buku sebagai sumber data primer yaitu buku Mencetak Generasi Rabbani karya Abu Ihsan al-Atsari dan Ummu Ihsan.
Hasi penelitian mengungkapkan bahwa buku mencetak generasi rabbani berisi tentang pendidikan anak yang dibahas secara komprehensif. Orang tua memiliki peran penting dalam mendidik anaknya sejak dini dengan nilai-nilai keislaman yang kuat. Peran orang tua dalam pergaulan anaknya meliputi: Peran orang tua sebagai pendidik pertama sekaligus teladan bagi anak-anaknya, peran orang tua sebagai teman sekaligus konselor bagi anak, peran orang tua sebagai pendorong anak untuk melakukan kegiatan yang positif, serta peran orang tua sebagai pengawas dalam pergaulan anak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Orang tua; dan Pergaulan anak.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Feb 2022 02:15
Last Modified: 05 Feb 2022 02:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15153

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics