Analisis implementasi akad istishna’ dalam pembiayaan kepemilikan rumah: study kasus Developer Ahsana Property Syariah Tuban Jawa Timur

Thohari, Ahmad Imam Mahfudz (2020) Analisis implementasi akad istishna’ dalam pembiayaan kepemilikan rumah: study kasus Developer Ahsana Property Syariah Tuban Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505026050_AHMAD_IMAM_MAHFUDZ_THOHARI_Lengkap] Text (SKRIPSI_1505026050_AHMAD_IMAM_MAHFUDZ_THOHARI_Lengkap)
1505026050-Ahmad Imam Mahfudz Thohari-Full Skripsi - Imammahfudz Forshei.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan pertumbuhan bisnis property yang meningkat, namun dewasa ini banyak masyarakat yang mengkonsumsi produk dengan label syari’ah, sehingga berkembang pula bisnis properti yang berkonsep syariah dengan tanpa melibatkan instansi perbankan. Developer Properti Syariah dalam akad jual beli menggunakan akad Istishna’ dengan mendasarkan pada fatwa Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000.
Developer Ahsana Properti Syariah merupakan salah satu Developer Properti Syariah yang menerapkan skema jual beli Istishna’, dengan tagline ”tanpa riba, tanpa jaminan, tanpa sita, dan tanpa akad bermasalah”. Perusahaan Developer ini sudah berdiri selama lima tahun dan sudah menerapkan akad Istishna’ sejak awal berdiri sampai saat ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi akad istishna’ pada praktek jual beli rumah di perusahaan Developer Ahsana Properti Syariah Tuban Jawa Timur dan Bagaimana penyelesaian masalah yang ada dalam pembiayaan kepemilikan rumah dengan akad ishtishna’ pada perusahaan Developer Ahsana Properti Syariah Tuban Jawa Timur.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data primer atau data-data dari lapangan merupakan sumber data, data sekunder menggunakan referensi yang berkaitan dengan masalah penelitian. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Developer Ahsana Property Syariah Tuban menggunakan akad istishna’ pada transaksinya. Sistem pembayarannya ada dua skema yaitu: secara cash dan kredit, sedangkan untuk penyelesaian permasalahan konsumen yang melakukan penunggakan pembayaran dalam akad perjanjian jual beli istishna’ adalah dengan musyawarah, pada umumnya Developer Ahsana Property Syariah Tuban menyelesaikan masalah tersebut sudah sesuai dengan ketentuan syariat islam”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akad istishna; Kepemilikan rumah; Properti syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 04:42
Last Modified: 19 Feb 2022 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15161

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics