Metode dakwah dalam kajian munajat di Program Pembibitan Penghafal Al-Qur'an (PPPA) Daarul Qur'an Semarang

Fauzi, Ridho Ardantia (2020) Metode dakwah dalam kajian munajat di Program Pembibitan Penghafal Al-Qur'an (PPPA) Daarul Qur'an Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131111006_Ridho_Ardantia_Fauzi] Text (SKRIPSI_131111006_Ridho_Ardantia_Fauzi)
131111006_RIDHO ARDANTIA FAUZI_FULL SKRIPSI - Ridho Ardantia Fauzi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dakwah pada hakikatnya dipandang sebagai seruan dan ajakan kepada manusia menuju kebaikan, petunjuk, serta amar ma’ruf (perintah yang baik) dan nahi munkar (mencegah kemungkaran) untuk mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dakwah yang diterapkan dalam kegiatan kajian munajat di Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an Semarang, serta mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan dakwah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitiannya adalah kegiatan kajian munajat di Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an Semarang, meliputi dari subyek dakwah, obyek dakwah, metode dakwah, materi, dan media dakwah yang berfokus kepada metode dakwah kegiatan kajian munajat tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Sedangkan metode analisis data menggunakan Milles dan Huberman, melalui tiga tahap dalam analisis data kualitatif yaitu: Data reduction (reduksi data), Data display (penyajian data) dan Conclusion (kesimpulan).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, dalam melaksanakan kegiatan dakwah dalam kajian munajat di Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an Semarang menggunakan cara atau metode al-hikmah dan mau’idzah hasanah. Metode dakwah al-hikmah adalah teknik penyampaian pesan ajaran Islam dengan cara bijaksana, akal budi yang mulia, hati yang lapang dan bersih, dan menarik perhatian orang lain kepada agama atau Tuhan. Faktor pendukung dalam kajian munajat yaitu lembaga yang berskala nasional, mempunyai dana operasional dakwah yang kuat berbasis ZISWAF, serta da’i yang memberikan materi sesuai dengan keilmuan ataupun keahlian. Adapun beberapa faktor penghambat dalam kajian munajat yang dilaksanakan oleh Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an (PPPA) Daarul Qur’an Semarang pematei kurang disiplin waktu (terlambat). Jamaah yang belom bisa istiqomah menghadiri kajian secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Kajian munajat; Program Pembibitan Penghafal Al-Qur'an (PPPA)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 04:36
Last Modified: 19 Feb 2022 04:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15162

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics