Motif pemandu karaoke di kawasan Alas Roban dan upaya dakwah tokoh masyarakat setempat : studi kasus di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Makripah, Diana Nailil (2020) Motif pemandu karaoke di kawasan Alas Roban dan upaya dakwah tokoh masyarakat setempat : studi kasus di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131111010_Diana_Nailil_Makripah] Text (SKRIPSI_131111010_Diana_Nailil_Makripah)
131111010_Diana_fullsekripsi - diana nailil.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Diana Nailil Makripah (NIM: 131111010). “Motif Pemandu Karaoke di Kawasan Alas Roban dan Upaya Dakwah Tokoh Masyarakat Setempat (Studi Kasus di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang)”. Pemandu karaoke merupakan sebuah profesi yang sudah umum di kawasan Alas Roban Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Keberadaan tempat karaoke yang banyak disepanjang jalan kawasan tersebut menjadi penghidupan sendiri bagi para wanita yang bekerja sebagai pemandu karaoke meskipun kebanyakan dari mereka adalah pendatang. Peluang untuk mendapatkan uang dengan mudah dan dalam jumlah yang cenderung besar menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pemandu karaoke yang bekerja disana, motif para pemandu karaoke juga bermacam-macam. selanjutnya berkaitan dengan upaya dakwah oleh tokoh masyarakat setempat dan pemerintah desa kepada para pemandu karaoke tidak dapat banyak dilakukan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif pemandu karaoke dan upaya dakwah yang dilakukan oleh tokoh masyarakat setempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau penelitian yang bersifat kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang didapatkan dari hasil fenomena yang terjadi dilapangan kemudian dianalisis. Adapun sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berasal dari dokumentasi serta beberapa literasi yang terkait. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian didapatkan bahwa motif wanita yang memilih bekerja sebagai pemandu karaoke adalah karena mudahnya mendapatkan uang dalam jumlah yang banyak, memenuhi kebutuhan sehari-hari, kondisi ekonomi yang berasal dari kelas menengah kebawah, susahnya mencari pekerjaan lain karena tidak memiliki keterampilan khusus, memenuhi gaya hidup dan pengaruh pergaulan serta lingkungan. Upaya dakwah yang dilakukan oleh tokoh masyarakat setempat tidak banyak dilakukan secara langsung karena keterbatasan tidak dapat menjangkau tempat karaoke jika tidak untuk kebutuhan hiburan. Tempat karaoke di wilayah Alas Roban Gringsing Batang juga sudah memiliki izin dari pemerintah desa dan kecamatan sehingga keberadaannya tidak illegal. Keberadaan tempat karaoke diwilayah tersebut tidak menimbulkan konflik terhadap masyarakat, hal itu dapat dilihat dari tidak adanya laporan atau aduan dari masyarakat berkaitan dengan keberadaan maupun operasional tempat karaoke di kawasan Alas Roban.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemandu karaoke; Alas Roban; Upaya dakwah; Tokoh masyarakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 06:10
Last Modified: 19 Feb 2022 06:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15169

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics