Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran fiqh materi sedekah, hibah, hadiah kelas VIII di MTs Uswatun Hasanah Mangkang tahun ajaran 2020/2021

Manan, Nailul (2020) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran fiqh materi sedekah, hibah, hadiah kelas VIII di MTs Uswatun Hasanah Mangkang tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133111085_NAILUL_MANAN] Text (SKRIPSI_133111085_NAILUL_MANAN)
SKRIPSI_133111085_NAILUL_MANAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada mata pelajaran fikih mencakup perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, serta faktor yang pendukung, kendala dan solusi yang ditempuh untuk menyikapi kendala tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Uswatun Hasanah Kelas VIII tahun ajaran 2020/2021.
penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran fiqh di MTs Uswatun Hasanah Mangkang? 2) Apa saja faktor penghambat dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik? 3) Bagaimana hasil implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran fiqh di MTs Uswatun Hasanah Mangkang?
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara guru mata pelajaran sebagai narasumber berbagai informasi terkait implementasi pendekatan saintifik, dan studi dokumentasi sebagai data pendukung kegiatan penelitian.
Sekolah tersebut memiliki fasilitas yang baik untuk mendukung kegiatan pembelajaran kurikulum 2013, hal ini menjadi faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik. Beberapa kendala atau hambatan yang dihadapi guru adalah peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan sulit nya pembelajran dalam kondisi Covid 19.
Hasil penelitian menujukan bahwa implementasi pendekatan saintifik telah dilaksanakan dengan baik dan dikemas secara sederhana, tetapi belum memenuhi kriteria dan prinsip pendekatan saintifik sepenuhnya. Perencanaan yang disusun oleh guru sudah sangat baik, karena telah memenuhi komponen-komponen dan prinsip yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kata kunci: Pendekatan Saintifik, mata pelajaran Fiqh, MTs Uswatun Hasanah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik; Mata pelajaran fiqh; MTs Uswatun Hasanah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Feb 2022 03:37
Last Modified: 12 Feb 2022 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15175

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics