Pengaruh intensitas mengikuti ekstrakurikuler training dakwah terhadap kepercayaan diri berbicara di depan umum : studi siswa kelas XI MA Matholi'ul Huda Bugel Kedung Jepara

Widyana, Linda (2020) Pengaruh intensitas mengikuti ekstrakurikuler training dakwah terhadap kepercayaan diri berbicara di depan umum : studi siswa kelas XI MA Matholi'ul Huda Bugel Kedung Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131111034_Linda_Widyana] Text (SKRIPSI_131111034_Linda_Widyana)
131111034_Linda Widyana_Lengkap Tugas Akhir - Linda Widyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Sikap percaya diri merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang siswa dalam belajar dan juga dalam kehidupan sehari-hari. Sikap percaya diri akan menimbulkan suatu keyakinan dalam diri individu terhadap segala aspek kelebihan dan kemampuan yang dimilikinya. Dengan keyakinan tersebut maka siswa mampu mencapai tujuan dalam hidupnya. Salah satu cara agar siswa memiliki kepercayaan diri yaitu dengan mengikuti ekstrakurikuler training dakwah di sekolah.
Fokus kajian ini untuk menguji secara empiris tentang Pengaruh Intensitas Mengikuti Ekstrakuriler Training Dakwah Terhadap Kepercayaan Diri Berbicara Didepan Umum (Studi Pada Siswa Kelas XI MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara). Dua variabel dari penelitian ini adalah Intensitas mengikuti ekstrakurikuler training dakwah dan kepercayaan diri berbicara didepan umum. Intensitas mengikuti ekstrakurikuler training dakwah difokuskan pada tiga aspek yaitu: motivasi, efek kegiatan, dan frekuensi kegiatan. Kemudian kepercayaan diri memiliki tujuh aspek yaitu: optimis, mandiri, memiliki ambisi yang tidak berlebihan, tidak mementingkan diri sendiri, toleran, tidak berlebihan dan tidak melakukan ganti rugi dari keterbatasanya, dan berhati-hati dengan tidak berlebihan.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena berupa data-data numeric dan pengolahan datanya dengan menggunakan statistik. Penelitian ini di analisis menggunakan regeresi linier sederhana karena hanya memiliki dua variabel. Regresi linier sederhana digunakan untuk mengambil kesimpulan untuk mengetahui adakah pengaruh intensitas mengikuti ekstrakurikuler training dakwah terhadap kepercayaan diri berbicara didepan umum. Adapun penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan tabel sample Krejcie & Morgan. Dalam tabel tersebut disebutkan bahwa dengan populasi 240 siswa maka sampel yang diambil adalah sebanyak 148 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan skala likert, data yang diperoleh dari skala yang disebar pada responden secara random sampling.
Hasil penelitian intensitas mengikuti ekstrakurikuler training dakwah terhadap kepercayaan diri siswa bebicara di depan umum dapat dilihat dari perhitungan SPSS diperoleh Fhitung = 6,893 > Ftabel = 3,91 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai tersebut berarti secara parsial variabel intensitas training dakwah mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri siswa berbicara di depan umum (studi pada siswa kelas XI MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Diketahui nilai koefisien determinasi (R2) R square sebesar 0,711 , yang artinya intensitas training dakwah mampu menjelaskan kepercayaan diri siswa sebesar 71,1 % sementara sisanya 28,9 % di pengaruhi dan dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Training dakwah; Kepercayaan diri; Ekstrakurikuler; Public speaking; Berbicara di depan umum
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:07
Last Modified: 19 Feb 2022 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15194

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics