Nilai-nilai unity of science (UoS) dalam mata kuliah bimbingan konseling keluarga di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang

Amalia, Firda (2021) Nilai-nilai unity of science (UoS) dalam mata kuliah bimbingan konseling keluarga di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016006_Firda_Amalia] Text (SKRIPSI_1601016006_Firda_Amalia)
1601016006_Firda Amalia_SKRIPSI-dikonversi (1) - Firda Amalia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kesatuan ilmu pengetahuan antara ilmu keislamaan dengan sains merupakan proses islamisasi yang ilmu pengetahuan yang digagas oleh Naqib al-Attas, Ziaudin Sardar, Ismail Raji al-Faruq. Dengan bahasa yang berbeda, Ian Barbour juga mengususng tema semacam itu. Ia mencoba menentukan hubungan sains dan agama. Menurutnya, antara sains dan agama terdapat empata varian hubungan, konflik, independensi, dialog, dan integrasi. Implementaasi dari epistimologi di atas, muncul wacana keislaman yang digagas oleh ilmuan Indonesia. Epistimologi tersebut dijadikan pijakan (paradigma) guna membangun kesatuan keilmuan UIN sebagai reseprentasi akademik yang concern di bidang keislaman kontemporer.
Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana konsep paradigma Unity of Science UIN Waslisongo Semarang. (2) Untuk mengetahui penerapan konsep nilai-nilai Unity of Science dalam mata kuliah Bimbingan Konseling Keluarga (BKK)
Adapun penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian melalui riset kepustakaan untuk mengkaji sumber-sumber tertulis yang telah dipublikasikan atau belum, objek yang diteliti adalah nilai unity of science yang menjadi paradigma UIN Walisongo Semarang. Sedangkan subjeknya adalah penerapan nilai unity of science dalam mata kuliah Bimbingan Konseling Keluarga, penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan maka peneliti menggunakan Studi kepustakan dengan mengumpulkan data dengan teknik metode dokumentasi, yakni mengambil sumber data dari buku, jurnal, paper, majalah dan bahan-bahan yang dianggap berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian ini.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Realisasi unity of science dalam mata kuliah Bimbingan Konseling Keluarga salah satunya adalah pelaksanaan dalam proses pembelajaran mata kuliah Bimbingan Konseling Keluarga memuat materi mengenai bentuk proses pemberian bantuan terarah, kontinu dan sistematis kepada individu agar ia dapat mengembangkan potensi atau fitrah beragama yang dimilikinya secara optimal dan menyadari kembali akan eksistensinya sebagai makhluk Allah yang sudah seharusnya hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuuk Allah berdasarkan Al-qur’an dan Hadis, dimana dalam hal ini selaras dengan paradigma unity of science yang mencoba mendialogkan antara ilmu umum dan ilmu agama dimana dalam perkembangannya di lingkungan fakultas agama Islam mata kuliah Bimbingan Konseling Keluarga merupakan ilmu bantu dakwah maksudnya adalah berdakwah dengan pendekatan psikologis yang mana ini merupakan penggabungan antara ilmu umum dan ilmu agama dalam prakteknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Unity of science; Bimbingan konseling keluarga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:31
Last Modified: 19 Feb 2022 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15210

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics