Manajemen risiko penghapusan produk talangan haji di Bank Syariah Indonesia: Studi Kasus di Bank X

Ambari, Muhamad Zaki (2020) Manajemen risiko penghapusan produk talangan haji di Bank Syariah Indonesia: Studi Kasus di Bank X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505036058_MUHAMAD_ZAKI_AMBAR_LengkapI] Text (SKRIPSI_1505036058_MUHAMAD_ZAKI_AMBAR_LengkapI)
1505036058_Muhamad Zaki Ambari_Lengkap Tugas Akhir - M. Zaki Ambari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena dimana berbagai lembaga keuangan marak mengeluarkan produk talangan haji. produk ini menjadi perdebatan dikalangan ulama karena mengkaburkan syarat haji yakni istita’ah (mampu) dan menyebabkan antrean semakin panjang. Oleh karena itu, pemerintah melalui Keputusan Menteri Agama No. 24 Tahun 2016 mengeluarkan aturan penghapusan produk talangan haji dimana bank Syariah tidak diperbolehkan untuk memberikan talangan haji. Keputusan tersebut berdampak pada operasional bank Syariah dan kondisi pasar yang berubah mengingat masyarakat Temanggung mempunyai antusias yang tinggi dalam mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji. Atas dasar masalah tersebut, bank Syariah harus mampu menerapkan manajemen risiko agar risiko yang terjadi dapat diminimalisir dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah risiko apa yang terjadi dalam penghapusan produk talangan haji dan bagaimana manajemen risiko penghapusan produk talangan haji pada Bank X . Bentuk penelitian ini adalah kualitatif, yaitu data pada umumnya berbentuk uraian atau kalimat yang merupakan informasi mengenai keadaan sebagaimana sumber data, dalam hubungan masalah yang diselidiki.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa risiko yang terjadi atas penghapusan produk talangan haji adalah risiko hukum dan risiko stratejik. Bank X dalam menerapkan manajemen risiko adalah sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh manajemen pusat, salah satu contoh penerapan manajemen stratejik yang dilakukan adalah meningkatkan performance produk dengan cara melakukan kerjasama dengan biro haji/umrah, lembaga keuangan, dan organisasi-organisasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Risiko; Talangan haji; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:19
Last Modified: 22 Feb 2022 04:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15217

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics