Analisis pemikiran Umer Chapra tentang strategi merubah perbankan konvensional menjadi perbankan Islam secara gradual

Faissani, Arik Zainur (2020) Analisis pemikiran Umer Chapra tentang strategi merubah perbankan konvensional menjadi perbankan Islam secara gradual. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505036106_ARIK_ZAINUR_FAISSANI_Lengkap] Text (SKRIPSI_1505036106_ARIK_ZAINUR_FAISSANI_Lengkap)
1505036106_ArikZainurFaissani_RIWAYAT HIDUP - arik faissani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (287kB)

Abstract

Gagasan Umer Chapra tentang strategi merubah perbankan konvensional menjadi perbankan Islam secara gradual didasarkan atas hasil observasinya terhadap kenyataan gagalnya strategi pembangunan ekonomi di dunia yang hanya bertumpu pada konsep dan teori ekonomi Barat. Hal ini misalnya terlihat pada negara-negara sedang berkembang yang mengambil mentah-mentah teori-teori ekonomi pembangunan yang ditawarkan para pakar ekonomi Barat. Pikiran dan kontemplasi Capra tidak bisa dilepaskan dari pergulatan pikiran akademiknya dan kiprahnya megintrodusir sistem perbankan Islami. Sebagai rumusan masalah: bagaimana pemikiran M. Umer Chapra tentang strategi merubah perbankan konvensional menjadi perbankan Islam? Bagaimana relevansinya pemikiran M. Umer Chapra tentang strategi merubah perbankan konvensional menjadi perbankan Islam dengan kondisi perbankan di Indonesia? Tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan pemikiran M. Umer Chapra tentang strategi merubah perbankan konvensional menjadi perbankan Islam dan untuk mengetahui dan menganalisis relevansinya pemikiran M. Umer Chapra tentang strategi merubah perbankan konvensional menjadi perbankan Islam dengan kondisi perbankan di Indonesia.
Metode penelitian ini menggggunakan jenis penelitian kualitatif dengan studi pemikiran tokoh. Data primair adalah beberapa tulisan Ummer Capra, antara lain: a. Toward a Jast Monetary Sistem; b. Tinjauan Islam dalam pembangunan Ekonomi; c. Islamisasi Ekonomi Kontemporer: Islam dan Ekonomi dalam Tantangan. Data sekunder yaitu beberapa kitab atau buku, jurnal, majalah, dan harian surat kabar yang relevan dengan judul tulisan ini. Sebagai teknik analisis data, peneliti memakai analisis data kualitatif, dan sebagai pendekatannya, digunakan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Menurut Chapra, umat Islam harus mampu mewujudkan masyarakat yang islami. Untuk mewujudkan masyarakat tersebut, umat Islam harus merubah sistem perbankan yang bercorak sistem konvensional menuju perbankan yang berbasis Islam. Oleh karena itu perubahannya harus dilakukan secara gradual dan tidak boleh secara tergesa-gesa tanpa perhitungan yang matang. Pemikiran M Capra perihal strategi merubah perbankan konvensional menjadi perbankan Islam masih relevan dengan kondisi perbankan di Indonesia. Pemikiran Capra mengenai strategi merubah perbankan konvensional menjadi “perbankan Islam masih relevan dengan syarat dan prosedur untuk merubah perbankan konvensional menjadi perbankan syari’ah di Indonesia sebagaimana ditentukan dan atau diatur dalam Undanng-undang Nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syari’ah dan aturan “Otoritas Jasa Keuangan Nomor 64 /POJK.03/2016” menghenai Perubahan aktifitas Usaha Bank Konvensional menjadi Bank Syari’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Umer Chapra; Strategi; Perbankan konvensional; Perbankan Islam; gradual
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:21
Last Modified: 22 Feb 2022 07:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15226

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics