Good governance pengelolaan keuangan Desa Purwogondo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal

Sulistianto, Sulistianto (2020) Good governance pengelolaan keuangan Desa Purwogondo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505046021_SULISTIANTO_Lengkap] Text (SKRIPSI_1505046021_SULISTIANTO_Lengkap)
1505046021_SULISTIANTO_FullSkripsi - sulis tianto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna terkait dengan penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan keuangan desa oleh pemerintah Desa Purwogondo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang penerapan prinsip-prinsip good governance di perencanaan, pengelolaan, dan pertanggungjawaban dalam pengelolaan keuangan desa oleh pemerintah Desa purwogondo.
Dalam penelitian ini dilakukan karena letaknya yang strategis, tapi pengembangan ekonomi masyarakat Desa Purwogondo masih belum berkembang dengan cepat dari tahun ke tahun, dikarenkan daya tangkap masyarakat akan informasi pengelolaan keuangan desa juga masih kurang. Terlebih papan informasi atau banner mengenai realisasi anggaran atau APBDesa juga masih kurang.
Penelitian ini dilakukan di Desa Purwogondo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal dikarenakan kurangnya transaparansi dalam pertanggungjawaban didalam pengelolaan keuangan desa, yang menjadi sebagai informan terpilih adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan wawancara secara mendalam, pengamatan langsung dan dengan dokumentasi pada pengelolaan keuangan desa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan keuangan di Desa Purwogondo sudah berjalan akan tetapi masih ada kekurangan yang perlu dibenahi. Dikarenakan belum optimalnya didalam penerapan prinsip-prinsip good governance di Desa Purwogondo terutama didalam pelaksanaan dan pertanggungjawban pengelolaan keuangan dikarenakan masih kurangnya koordinasi yang baik antar perangkat desa. Selain itu masih minimnya pendidikan para perangkat desa membuat kurang optimalnya didalam penyelesaian tugas pada pelaksanaan serta pada pelaporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Good governance, Pengelolaan keuangan desa
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:45
Last Modified: 22 Feb 2022 07:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15230

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics