Analisis audit syariah di lembaga keuangan syariah: studi pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Syirkah Muawanah NU Kramat Cabang Pembantu Kas Margasari Kabupaten Tegal

Lusiana, Resty (2020) Analisis audit syariah di lembaga keuangan syariah: studi pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Syirkah Muawanah NU Kramat Cabang Pembantu Kas Margasari Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505046039_RESTY_LUSIANA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1505046039_RESTY_LUSIANA_Lengkap)
1505046039_Resty Lusiana_Skripsi Full - Resty Lusiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Lembaga Keuangan Syariah (LKS) telah berkembang pesat sejak beberapa tahun terakhir. Ini menimbulkan masalah sesuai Syariah di LKS dan kebutuhan baru fungsi audit-audit Syariah. Audit syariah menjadi salah satu cara untuk menjaga dan memastikan integritas lembaga keuangan syariah dalam menjalankan prinsip syariah. Audit syariah selanjutnya dapat memberikan assurance pada stakeholder serta sangat dibutuhkan untuk merespon perkembangan industri keuangan syariah yang cepat ini. Karena jika ada kegagalan dalam pelaksanaan compliance syariah, stakeholder akan kehilangan kepercayaan mereka bahkan dalam LKS sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik audit syariah di lembaga keuangan syariah KSPPS/BMT Syirkah Muawanah NU Kramat Cabang Pembantu Kas Margasari Kabupaten Tegal. Diskusi tentang praktik audit syariah berfokus pada empat masalah utama, yaitu kerangka, ruang lingkup, kualifikasi dan independensi dari auditor syariah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa audit syariah telah dilaksanakan dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lembaga keuangan syariah; Kepatuhan syariah; Praktik audit syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:47
Last Modified: 22 Feb 2022 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15231

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics