Good governance dalam pengelolaan dana Desa Tridonorejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak periode 2017-2019

Taufiq, Ahmad (2020) Good governance dalam pengelolaan dana Desa Tridonorejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak periode 2017-2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1506016036_AHMAD_TAUFIQ] Text (SKRIPSI_1506016036_AHMAD_TAUFIQ)
1506016036_Ahmad Taufiq_Full Skripsi - ahmad taufiq.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance tingkat desa dalam melaksanakan proses pengelolaan Dana Desa. Untuk mengetahui good governance dalam pengelolaan dana desa tersebut, penelitian ini memfokuskan kajian pada proses pengelolaan dana desa dan ditinjau pada perspektif good governance. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mendahulukan pengumpulan data penelitian melalui wawancara mendalam dan pemanfaatan data-data sekunder yang relevan. Rumusan masalah yang diajukan disini : Bagaimana pelaksanaan Good Governance dalam tata kelola dana Desa Tridonorejo Kecamatan Bonang Kab. Demak periode 2017-2019?
Penelitian ini dalam kerangka teorinya menggunakan sudut pandang prinsip-prinsip Good Governance dalam UNDP (1997) serta menggunakan peraturan Pengelolaan Keuangan Desa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Pengelolaan Dana Desa Tridonorejo dalam perspektif good governance pada tahap proses perencanaan hingga laporan pertanggungjawaban serta mengenai analisisnya dengan instrumen penelitian yakni good governance dalam UNDP proses pengelolaan tersebut sudah dilaksanakan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Semua prinsip sudah sepenuhnya dilaksanakan mulai dari perwakilan masyarakat yang dilibatkan dalam seluruh musyawarah desa, pengambilan keputusan yang berdasarkan kebutuhan masyarakat dalam menentukan pembangunan menggunakan dana desa, keterbukaan informasi keuangan serta keterbukaan di dalam penyampaian yang disampaikan melalui musrenbang, pertanggungjawaban dari pemerintah desa dalam menyelenggarakan pemerintahan desa dengan cara semuanya disosialisasikan secara bersama stakeholder dari masyarakat serta kemudian dapat bertanggungjawab atas apa saja yang harus dilaksanakan dalam kerja pembangunan infrastruktur dan ini sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan regulasi yang melingkupi dalam tata cara pengelolaan dana desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Good governance; Pengelolaan keuangan desa; Dana desa
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:53
Last Modified: 23 Feb 2022 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15236

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics