Pengaruh penggunaan politik identitas di media sosial (Facebook) terhadap partisipasi politik mahasiswa UIN Walisongo dalam pilpres 2019 : studi kasus mahasiswa aktif Fakultas Syariah dan Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Puspita, Rizka (2021) Pengaruh penggunaan politik identitas di media sosial (Facebook) terhadap partisipasi politik mahasiswa UIN Walisongo dalam pilpres 2019 : studi kasus mahasiswa aktif Fakultas Syariah dan Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1606016022_RIZKA_PUSPITA] Text (SKRIPSI_1606016022_RIZKA_PUSPITA)
1606016022_Rizka Puspita_Lengkap Tugas Akhir - Rizka Puspita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tahun 2019 merupakan salah satu tahun politik yang dinilai cukup panas bagi masyarakat Indonesia, pada tahun ini pemilihan presiden dan wakil presiden kembali mempertemukan Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Pada Pilpres 2019 kemarin, isu politik identitas untuk menarik perhatian serta dukungan calon pemilihnya di masyarakat. Penggunaan media sosial Facebook sebagai wadah perpolitikan menjadikan tempat instan untuk mendapatkan eksistensi dan pemebentukkan citra secara online. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang didapatkan atas penggunaan politik identitas di media sosial Facebook sebagai alat kampanye terhadap partisipasi politik mahasiswa pada Pilpres 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan cara pengumpulan data berbentuk kuesioner yang disebar secara online dengan menggunakan google form dan disebar melalui broadcast mesaage kepada mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori politik identitas dan partisipasi politik.
Hasil penelitian yang didapatkan diketahui bahwa penggunaan politik identitas di media sosial Facebook berpengaruh sangat rendah terhadap partisipasi politik sebesar 7,4%, sedangkan 92,6% sisanya merupakan variabel lain yang tidak termasuk ke dalam penelitian seperti ketokohan, dan lain sebagainya. Pengujian terhadap hipotesis penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan politik identitas di media sosial Facebook berpengaruh secara signifikan tapi kecil terhadap partisipasi politik mahasiswa UIN Walisongo Fakultas Syariah dan Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Politik identitas; Partisipasi politik; Media sosial; Facebook; Mahasiswa; Pemilihan presiden
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:54
Last Modified: 18 Jul 2022 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15237

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics