Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata Banyubiru Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang

Aulia Safitri, Khoridatul (2020) Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata Banyubiru Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1506026015_KHORIDATUL_AULIA_SAFITRI] Text (SKRIPSI_1506026015_KHORIDATUL_AULIA_SAFITRI)
1506026015_Khoridatul Aulia Safiri_Full Skripsi (Pdf) - Khoridatul Aulia(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu sektor penting dalam menunjang pembangunan nasional. Salah satu faktor kunci dalam pengembangan pariwisata adalah adanya keterlibatan masyarakat yang akan berdampak pada suksesnya perkembangan pariwisata tersebut. Desa Wisata Banyubiru menjadi salah satu contoh dari suksesnya pariwisata desa melalui pelibatan aktif masyarakat di dalamnya. Masyarakat Desa Banyubiru mampu menunjukkan eksistensinya dalam pengembangan pariwisata dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki desa serta mengusung kehidupan lembah Merapi pada zaman dahulu sebagai konsep pariwisata desa.
Penelitian ini mendeskripsikan tentang partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata pedesaan yang meliputi proses pembentukan desa wisata, bagaimana partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata dan dampak partisipasi masyarakat bagi pengembangan desa wisata. Peneliti melakukan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Pengumpulan data dikumpulkan dengan teknik pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan dua teori pada penelitian ini yaitu Teori Partisipasi Masyarakat dan Teori Pengembangan Desa Wisata. Teori Partisipasi Masyarakat terdiri dari bentuk-bentuk partisipasi masyarakat, tahap-tahap partisipasi masyarakat dan tangga partisipasi masyarakat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gunung Gono sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Desa Banyubiru yang sarat akan sejarah dan ilmu pengetahuan menjadi akar terbentuknya desa wisata dengan adanya peninggalan Arca Ganesha dan Yoni, makam Mbah Kyai Muhammad Mukri hingga menjadi pos pemantauan Gunung Merapi yang pertama. Peran dari tokoh-tokoh masyarakat menjadi awal dari tumbuhnya partisipasi masyarakat. Adanya keterbukaan, kerjasama, serta koordinasi dari seluruh pihak menjadikan Desa Wisata Banyubiru tumbuh dan berkembang dengan baik. Kerjasama terwujud dalam penyampaian pendapat dalam pengambilan keputusan, pemberian sumbangan uang atau harta benda, tenaga, keterampilan, serta pikiran yang murni menggunakan swadaya masyarakat. Adanya evaluasi yang rutin dilaksanakan membuat pelaksanaan kegiatan desa wisata berjalan dengan baik dan telah memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Partisipasi masyarakat Desa Wisata Banyubiru menempati tingkat Kemitraan (Partnership) tangga partisipasi Sherry R. Arnstein yang menunjukkan adanya kedudukan yang setara dan pelibatan aktif masyarakat secara nyata. Dampak dari adanya partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata terwujud dalam segi sosial, ekonomi, dan kesadaran masyarakat. Partisipasi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Banyubiru meningkatkan hubungan sosial antar masyarakat, pendapatan masyarakat yang meningkat sehingga menumbuhkan rasa memiliki, tanggung jawab dan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan desa wisata mereka

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi masyarakat; Pengembangan desa; Desa wisata; Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:04
Last Modified: 23 Feb 2022 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15243

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics