Pembangunan berkelanjutan berbasis lingkungan melalui wisata alam : studi di Dusun Candi Promasan, Kelurahan Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal

Azaroh, Siti Apriliyanti (2020) Pembangunan berkelanjutan berbasis lingkungan melalui wisata alam : studi di Dusun Candi Promasan, Kelurahan Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1506026048_SITI_APRILIYANTI_AZAROH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1506026048_SITI_APRILIYANTI_AZAROH_Lengkap)
1506026048_SITI APRILIYANTI AZAROH_FULL SKRIPSI - Apriliya Virgiawan(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dusun Candi Promasan merupakan salah satu dusun yang berada di Kelurahan Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Dusun Candi Promasan merupakan dusun terakhir yang ada di Kelurahan Ngesrepbalong dan tercatat sebagai dusun dengan potensi wisata alam di bidang pariwisata. Dusun Candi Promasan merupakan lokasi wisata alam yang menjanjikan. Dusun Candi Promasan menawarkan panorama alam mulai dari perkebunan teh yang terbentang luas layaknya permadani hijau dari Dusun Medini hingga menuju puncak Gunung Ungaran. Juga di kelilingi oleh Hutan Lindung yang asri serta masih terdapat flora dan fauna yang hidup bebas di dalamnya. Partisipasi dan upaya masyarakat Dusun Candi Promasan menjadi perhatian khusus agar kebermanfaat sumber daya alam dapat menopang kehidupan masyarakat saat ini dan dimasa mendatang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan pendekatan diskriptif dengan tujuan memahami potensi wisata alam yang ada di Dusun Candi Promasan sebagai modal pembangunan berkelanjutan berbasis lingkungan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menjaga kelestarian alam yang ada Dusun Candi Promasan. Penelitian ini menggunakan teori pembangunan berkelajutan serta pendekatan ecotourism. Adapun bentuk dan upaya pembangunan yang ada di Dusun Candi Promasan yaitu bentuk pembangunan secara fisik berupa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau yang disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. Sedangkan upaya pembangunan berkelanjutan melalui pendekatan ecotourism yaitu upaya konservasi hutan yang ada di Gunung Ungaran sebagai bentuk perlindungan, pelestarian, serta pemeliharaan sumber daya alam yang ada di Dusun Candi Promasan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembangunan berkelanjutan; Pendekatan ecotourism; Wisata alam; Lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:23
Last Modified: 23 Feb 2022 03:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15248

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics