Modal sosial dalam penetapan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPMPKH) : studi kasus Desa Lanji Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal

Munir, Misbakhul (2020) Modal sosial dalam penetapan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPMPKH) : studi kasus Desa Lanji Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1506026059_MISBAKHUL_MUNIR] Text (SKRIPSI_1506026059_MISBAKHUL_MUNIR)
1506026059_Misbakhul Munir_Cover-dikonversi-dikonversi-digabungkan - Munir 13.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Modal Sosial Dalam Penetapan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Desa Lanji. Program Keluarga Harapan merupakan bantuan uang tunai dari pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan. Desa Lanji merupakan salah satu Desa di Kecamatan Patebon yang memiliki tingkat kemiskinan yang cukup banyak. Maka dari itu PKH datang agar masyarakat lebih sejahtera. Penelitian ini menjelaskan bentuk Hubungan Sosial, Kepercayaan dan Nilai/Norma dalam penetapan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan. Permasalahan dalam penelitian adalah: Bagaimana proses penetapan anggota Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Desa lanji dan faktor-faktor yang berperan dalam penetapan anggota Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan di Desa Lanji. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi sebelum di analisa lalu di tarik simpulannya. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modal sosial Robert Putnam. Peneliti menemukan bahwa Hubungan Sosial yang di miliki oleh seseorang dapat meningkatkan kepercayaannya terhadap individu lain. Caranya adalah dengan menjunjung tinggi nilai/norma, menciptakan kepercayaan serta memperluas hubungan sosial. Hal ini memiliki keuntungan tersendiri bagi mereka yang mempunyai hubungan sosial serta mempunyai nilai yang baik di dalam masyarakat. Hasil penelitian menunjukan proses penetapan dalam menggunakan teori modal sosial memberikan arti bahwa dengan adanya Program Keluarga Harapan di Desa Lanji dapat membantu mengurangi kemiskinan, meskipun masih ada yang belum sejahtera.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modal sosial; Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPMPKH)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:18
Last Modified: 23 Feb 2022 03:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15249

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics