Hubungan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa aktivis teater di UIN Walisongo Semarang

Mangkurat, Yahya Bayu (2020) Hubungan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa aktivis teater di UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1507016053_YAHYA_BAYU_MANGKURAT] Text (SKRIPSI_1507016053_YAHYA_BAYU_MANGKURAT)
1507016053 Yahya Bayu Mangkurat Skripsi Lengkap - Yahya Mangkurat.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (462kB)

Abstract

Prokratinasi akademik merupakan perilaku menunda atau mengulur ulur waktu dalam memulai atau menyelesaikan suatu tugas formal yang dilakukan mahasiswa secara sengaja dan berulang dengan melakukan aktivitas lain sehingga mengakibatkan terhambatnya penyelesaian tugas akademik. Melihat kegiatan mahasiswa aktivis organisasi yang padat, hingga menyita banyak waktu, menyebabkan mahasiswa kesulitan membagi jadwal antara berkuliah dan organisasi sehingga berdampak kepada mundurnya kelulusan mahasiswa itu sendiri.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Aktivis Teater di UIN Walisongo Semarang dengan semester 10 ke atas yang berjumlah 30 mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah korelasi product moment dengan bantuan program Statistic Package for the Social Science (SPSS) for windows.
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa aktivis teater di UIN Walisongo Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy) = -0,455 p = 0,012 (p < 0,05), sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Mengartikan bahwa ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa di UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi berprestasi; Prokrastinasi akademik; Mahasiswa; Teater
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 26 Feb 2022 07:28
Last Modified: 26 Feb 2022 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15269

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics