Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kecenderungan bullying siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMA Negeri 16 Semarang

Fritayamastuti, Istianadina (2020) Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap kecenderungan bullying siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMA Negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1507016060_ISTIANADINA_FRITAYAMASTUTI] Text (SKRIPSI_1507016060_ISTIANADINA_FRITAYAMASTUTI)
1507016060_ Istianadina Fritayamastuti_SKRIPSI FULL - Istianadina Frita(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kecenderungan bullying merupakan suatu hasrat atau keinginan untuk menyakiti orang lain yang dilakukan oleh remaja atau kelompok secara berulang-ulang. Salah satu faktor yang menyebabkan seorang remaja memiliki kecenderungan melakukan bullying yaitu konformitas teman sebaya di lingkungan sosialnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh antara konformitas teman sebaya terhadap kecenderungan bullying siswa di SMA Negeri 16 Semarang berjumlah 80 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling, dan pengumpulan data penelitian menggunakan penyebaran skala konformitas teman sebaya dan skala kecenderungan bullying. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya hipotesis diterima. Semakin tinggi konformitas, semakin meningkat pula kecenderungan bullying siswa.
Besarnya Koefisien regresi (B) yaitu sebesar 1.310, yaitu konformitas teman sebaya memiliki pengaruh yang positif terhadap kecenderungan bullying siswa di SMA Negeri 16 Semarang. Sedangkan nilai R Square sebesar 0,301 yang artinya besarnya pengaruh konformitas terhadap kecenderungan bullying adalah sebesar 30,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam variabel penelitian ini. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konformitas teman sebaya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kecenderungan bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konformitas teman sebaya; Bullying; Siswa; SMA
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 26 Feb 2022 07:32
Last Modified: 26 Feb 2022 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15272

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics