Pengaruh perlakuan salinitas terhadap upaya pengembangan benih nila salin (oreochormis niloticus) tahap pra hingga pasca embrional

Indah, Niswatun Very (2020) Pengaruh perlakuan salinitas terhadap upaya pengembangan benih nila salin (oreochormis niloticus) tahap pra hingga pasca embrional. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1508016002_NISWATUN_VERY_INDAH] Text (SKRIPSI_1508016002_NISWATUN_VERY_INDAH)
1508016002_Niswatun Very Indah_Lengkap Tugas Akhir - Niswatun very indah(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ikan nila (Oreochormis niloticus) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati masyarakat Indonesia sehingga membuka peluang usaha budidaya yang menjanjikan. Ikan nila dapat dipelihara di berbagai lahan dengan tingkatan salinitas dan faktor lingkungan perairan yang bervariasi. Kemampuan beradaptasi ini berpotensi untuk pengembangan varian ikan nila salin yang secara stabil dapat lebih baik dibudidayakan di lingkungan perairan payau. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh salinitas terhadap daya tetas telur dan tingkat kelangsungan hidup benih, konsentrasi optimum yang menunjukkan perbedaan pengaruh signifikan terhadap daya tetas telur dan tingkat kelangsungan hidup dan pengaruh perlakuan salinitas berbeda terhadap kisaran normal parameter kualitas air untuk penetasan telur dan tingkat kelangsungan hidup ikan nila (Oreochormis niloticus) strain Kunti. Desain penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pada perlakuan dengan konsentrasi media A (salinitas 0 ppt), B (salinitas 5 ppt), C (salinitas 10 ppt), D (salinitas 15 ppt) dengan pengulangan sebanyak 3 kali. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji One Way ANOVA dan jika nilai signifikansi P<0,5 maka dilakukan uji lanjutan dengan menggunakan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan salinitas dengan berbagai konsentrasi berpengaruh signifikan terhadap parameter daya tetas telur (Hr) dan tingkat kelangsungan hidup benih (Sr) ikan nila salin (Oreochormis niloticus) strain kunti. Salinitas optimal yang berpengaruh signifikan pada parameter daya tetas telur (Hr) yaitu pada perlakuan C (salinitas 10 ppt) dengan nilai 26%, pada parameter tingkat kelangsungan hidup benih (Sr) yaitu pada perlakuan C (salinitas 10 ppt) dengan nilai 91,33%. Perlakuan salinitas yang berbeda tidak memberikan pengaruh terhadap kisaran normal kualitas air untuk penetasan telur dan kelangsungan hidup benih berdasarkan parameter DO (5,51-8 mg/l), pH (7,9-8,3) , tetapi berpengaruh terhadap peningkatan kisaran normal temperatur menjadi lebih tinggi (29,1-34ºC).
Kata kunci:

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Oreochormis niloticus; Salinitas; Nila salin; Daya tetas telur (Hr); Tingkat kelangsungan hidup benih (Sr)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 590 Animals (Zoological sciences) > 597 Cold-blooded vertebrates, Fishes
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 05 Mar 2022 01:18
Last Modified: 05 Mar 2022 01:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15278

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics