Penerapan hak privasi pemberitaan kasus pelecehan seksual di National Hospital di Tribunnews.com dan Republika.co.id: tinjauan dari etika jurnalistik

Zamzami, Moh Khabib (2020) Penerapan hak privasi pemberitaan kasus pelecehan seksual di National Hospital di Tribunnews.com dan Republika.co.id: tinjauan dari etika jurnalistik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 131211070_MOH KHABIB ZAMZAMI_skripsi lengkap.pdf] Text
131211070_MOH KHABIB ZAMZAMI_skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penerapan Kode Etik Jurnalistik terutama terkait hak privasi di Indonesia masih menjadi permasalahan khususnya bagi wartawan di media online demi mendatangkan minat pembaca dan menaikkan traffic. Tribunews.com termasuk media online yang memiliki intensitas publikasi berita yang tinggi, dalam sehari bisa memposting sekitar 300-500 berita. Idealnya seorang jurnalis bisa mematuhi etika jurnalistik sebagai kode etik profesi. Penelitian ini merumuskan masalah yakni bagaimana penerapan hak privasi dalam kasus pelecehan seksual di National Hospital pada Tribunnews.com dan Republika.co.id ditinjau dari etika jurnalistik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi dengan jenis penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan analisis isi untuk melihat penerapan kode etik jurnalistik di Tribunnews.com dan Republika.co.id periode 25 Januari-11 Februari 2018 kemudian meninjaunya dari etika jurnalistik. Terdapat lima tahap dalam metode penelitian ini yaitu penentuan unit analisis, penyusunan kategori, pengambilan sampel, koding data, dan analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan empat berita yang dimuat Tribunnews.com belum menerapkan etika jurnalistik khususnya yang terkait dengan hak privasi. Adapun pemberitaan kasus pelecehan seksual di national hospital pada portal Republika.co.id beberapa telah mengaplikasikan kode etik jurnalistik dengan benar. Hanya saja, pada berita ke 2, 3 dan 4 melakukan pelanggaran terkait penyebutan nama tersangka dan keluarga (istri tersangka) dengan jelas sehingga melanggar pasal 2 dan 9.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hak Asasi Manusia; Hak Privasi; Media Berita; Etika Pemberitaan media; Etika Jurnalistik
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.24 Content
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 12 Feb 2022 02:40
Last Modified: 12 Feb 2022 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15306

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics