Strategi dakwah Kyai Abdul Syakur dalam resolusi konflik masyarakat di Desa Pamongan Kecamatan Guntur Kabupaten Demak

Fikri, Ahsin (2020) Strategi dakwah Kyai Abdul Syakur dalam resolusi konflik masyarakat di Desa Pamongan Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 131211121_Aksin Fikri_Skripsi  LENGKAP.pdf] Text
131211121_Aksin Fikri_Skripsi LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Pamongan adalah masyarakat yang mayoritas beragama Islam akan tetapi ada juga yang beragama non muslim. Dengan dua calon kandidat yang berbeda keyakinan, Sehingga memicu timbulnya konflik terhadap masyarakat di Desa Pamongan, yang hingga sampai saat ini konflik tersebut masih saja terjadi di masyarakat. Kehadiran seorang tokoh ulama di lingkungan masyarakat sangat di perlukan untuk menciptakan keharmonisan dalam kehidupan keyakinan beragama. Kyai Abdul Syakur seorang tokoh ulama di Desa Pamongan yang berkompeten dalam mensyiarkan agama Islam. Dalam upaya penyelesaian konflik yang dilakukan oleh Kyai Abdul Syakur, maka strategi dakwah yang dilakukan oleh beliau adalah melalui metode dakwah Muidhah Hasanah. Yang merupakan upaya memberikan nasihat yang baik, yaitu petunjuk-petunjuk ke arah kebaikan dengan bahasa yang baik, dapat diterima, berkenan dihati, lurus pikiran sehingga pihak yang menjadi objek dakwah dengan rela hati dan atas kesadarannya sendiri dapat mengikuti ajaran yang disampaikan. Dalam pelaksanaan dakwah Kyai Abdul Syakur terdapat faktor pendukung salah satunya adalah pribadi da’i (Kyai Abdul Syakur), sikap atau sifat dalam melaksanakan tugas dakwah adalah merupakan keharusan seorang da’i karena dengan sifat dan sikap inilah beliau mampu bertahan dan dalam memperjuangkan agama Allah SWT serta mencapai cita-cita yang di inginkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer. Setelah data-data terkumpul maka penulis menganalisis dengan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian ini sehingga dapat ditarik yaitu strategi dakwah yang dilakukan Kyai Abdul Syakur adalah dengan melalui dakwah non formal yang meliputi pengajian agama, ceramah agama, kegiatan bhakti sosial dan kegiatan-kegiatan lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk terciptanya rasa ketentraman, keadilan serta kesejahteraan di Desa Pamongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Alat Dakwah; Resolusi konflik Masyarakat; Pengajian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 12 Feb 2022 03:10
Last Modified: 12 Feb 2022 03:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15316

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics