Efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis multiple level representation (MLR) terhadap hasil belajar peserta didik materi struktur atom kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu

Setiyowati, Setiyowati (2020) Efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis multiple level representation (MLR) terhadap hasil belajar peserta didik materi struktur atom kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_133711040_Setiyowati] Text (Skripsi_133711040_Setiyowati)
Skripsi_133711040_Setiyowati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan media elektronik menggunakan aplikasi adobe Flash berbasis Multiple Level Representation (MLR) telah dilakukan, namun efektivitas penggunaan media tersebut dalam pembelajaran kimia belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis MLR pada materi struktur atom. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 75,13 dengan presentase ketuntasan sebesar 66% dan 68,42 dengan presentase ketuntasan sebesar 51%. Berdasarkan hasil uji t-test pada α=0,1 dan dk=56 diperoleh t hitung > t tabel = 2,457 > 1,670, sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji lanjutan dari hasil analisis pihak kanan, diperoleh t hitung > t tabel = 2,457 > 1,670 dengan dk = 56 dan pada α =0,1. Hal tersebut menunjukan hasil belajar peserta didik yang menggunakan multimedia pembelajaran berbasis MLR lebih baik daripada rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji N-gain hasil belajar diperoleh hasil antara kelas eksperimen dan kelas control berturut-turut adalah 0,56 (sedang) dan 0,44 (sedang). Hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan mengunakan media vii pembelajaran interaktif berbasis MLR pada materi struktur atom efektif diterapkan pada pembelajaran kimia, dan dapat meningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pembelajaran interaktif; Multiple level representation (MLR); Hasil belajar; Peserta didik; Struktur atom
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 26 Feb 2022 06:40
Last Modified: 26 Feb 2022 06:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15335

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics