Dakwah bil-hal Ustadz Saifulloh Anwar dalam menangani kenakalan remaja di Desa Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal : analisis bimbingan konseling Islam

Megawati, Siti (2021) Dakwah bil-hal Ustadz Saifulloh Anwar dalam menangani kenakalan remaja di Desa Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal : analisis bimbingan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016022_Siti_Megawati] Text (SKRIPSI_1601016022_Siti_Megawati)
1601016022_Siti Megawati_FULL SKRIPSI - Siti Megawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dakwah Bil-Hal merupakan dakwah yang disalurkan melalui tindakan nyata dan di realisasikan dalam aktivitas sehari-hari. Sedangakan kenakalan remaja merupakan tindakan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak muda/remaja. Kedua unsur ini memiliki keterkaitan yang bisa dijadikan sebagai salah satu cara dalam proses bimbingan konseling islami berupa pemberian bantuan dari seorang da’i kepada mad’u-nya, sebagaimana yang dilakukan oleh Ustadz Saifulloh Anwar dalam menangani kenakalan remaja di Desa Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal guna menjaga keselarsan dan ketentraman dalam kehidupan sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana Dakwah bil-hal Ustadz Saifulloh Anwar dalam menangani kenakalan remaja di Desa Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. 2) Bagaimana bimbingan konseling islam dalam menangani perubahan perilaku kenakalan remaja melalui dakwah bil-hal Ustadz Saifulloh Anwar di Desa Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitataif studi kasus (case studies) dengan menggunakan metode analisis deskriptif, yang di aplikasikan dengan melakukan eksplorasi terhadap suatu objek atau fenomena. Peneliti melakukan penelitian dengan pendekatan triangulasi dalam mengumpulkan data-data melalui sumber-sumber tertulis baik buku maupun jurnal berkaitan dengan dakwah bil-hal, kenakalan remaja, dan bimbingan konseling islam. Serta mengenai dakwah bil-hal Ustadz Saifulloh Anwar dari hasil observasi dan wawancara dengan beberapa sumber yaitu remaja, kertua RT dan salah satu warga setempat.
Ustadz Saifulloh Anwar merupakan seorang pendakwah sekaligus pengasuh Pondok Al-Anwar yang berada di Desa Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Beliau hadir di tengah masyarakat dan berupaya melakukan suatu pengamalan nyata khususnya terhadap remaja yang berperilaku menyimpang. Dalam penelitian ini terfokus pada bagaimana Ustadz Saifullah Anwar memberikan bantuan berupa dakwah dengan menggunakan metode bil-hal dalam analisis bimbingan konseling Islam terhadap kenakalan remaja serta pengaplikasiannya yang sesuai dengan anjuran agama Islam.
Relevasni dakwah bil hal terhadap kenakalan remaja dalam bimbingan konseling islam merupakan suatu upaya dalam pemberian bantuan yang dilakukan oleh Ustadz Saifulloh Anwar terhadap anak-anak remaja dengan tujuan untuk kemaslahatan umat dalam lingkup amar ma’ruf nahi mungkar. Hal ini di realisasikan melalui pengamalan nyata dalam aktivitas sehari-hari atau keteladanan Ustadz Saifulloh Anwar. Dakwah beliau telah membawa perubahan positif yang mana sebelumnya terdapat kenakalan remaja seperti tongkrongan hingga larut malam sembari mengkonsumsi minuman keras hingga mabuk, ada pula yang tidur dijalanan, perkelahian antar remaja. Kini dapat dikatakan sudah tidak ada lagi perilaku menyimpang yang di lakukan oleh kalangan remaja di Desa Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah bil-hal; Ustadz Saifulloh Anwar; Kenakalan remaja; Bimbingan konseling Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 05 Mar 2022 01:37
Last Modified: 05 Mar 2022 01:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15337

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics