Analisis nilai-nilai dakwah dalam kebudayaan sedekah laut di Sugih Waras Pemalang

Syarif, Muhammad Kamil (2020) Analisis nilai-nilai dakwah dalam kebudayaan sedekah laut di Sugih Waras Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131311010_MUHAMMAD_KAMIL_SYARIF] Text (SKRIPSI_131311010_MUHAMMAD_KAMIL_SYARIF)
131311010_Muhammad Kamil Syarif_Full Skripsi - kamil syarif(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi karya Muhammad Kamil Syarif (131311010) dengan judul “Analisi Nilai-nilai Dakwah dalam Kebudayaan Sedekah Laut di Sugihwaras Pemalang”. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu : Bagaimana pelaksanaan kegiatan tradisi sedekah laut di Kelurahan Sugih Waras Kabupaten Pemalang?, serta apa saja nilai-nilai dakwah yang muncul dalam kebudayaan sedekah laut di Kelurahan Sugih Waras Kabupaten Pemalang?
Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan tradisi sedekah laut di Kelurahan Sugih Waras Kabupaten Pemalang. Menganalisis nilai-nilai dakwah dalam kebudayaan sedekah laut di Kelurahan Sugih Waras Kabupaten Pemalang. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan reduksi data, penyajian/display data dan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian bahwa acara sedekah laut dilakukan setiap satu tahun sekali yang diadakan oleh para anggota nelayan yang dikordinir oleh KUD setempat dengan menggandeng para pemuka agama, kepemerintahan, serta masyarakat sekitar, nilai Dakwah Islam ada disetiap acaranya diantaranya yaitu adanya rasa syukur terhadap alam yang dimana ada timbal balik dari manusia untuk menjaga kelestarian alam laut, karena dengan menjaga alam dimana alam tersebut menjadi lahan penghasilan hariannya, jika tidak dijaga dengan baik maka penghasilan para nelayan akan sedikit dalam tangkapan hasil ikannya, selain itu dengan adanya gotong royong dari masyarakat untuk bersih desa maka akan lebih mencerminkan keindahan bagi masyarakat sekitar.
Penelitian tentang sedekah laut dirasa penting karena banyak sekali yang pro juga dan kontra dikalangan masyarakat tidak terkecuali di kelurahan Sugih Waras sendiri, banyak kalangan masyarakat yang menganggap sedekah laut adalah hal yang tidak berguna bahkan menjadi kemusyrikan bagi yang mengikuti acara tersebut karena dalam pelaksanaanya yaitu menyembah para jin atau dayang-dayang laut, mereka percaya dengan semua itu maka akan mendapatkan tambahnya rezeki, ada pula masyarakat yang meyakini bahwa acara tersebut berguna bagi masyarakat, karena didalam acara sangat banyak sekali manfaatnya baik secara sosial masyarakat maupun secara sudut pandang agama. Maka dari itu peneliti mencoba meneliti apakah dalam kegiatan sedekah laut ada gunanya baik untuk masyarakat sekitar juga bagi perkembangan Islam dan serta dakwah Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Kebudayaan; Tradisi; Sedekah laut
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 394 General customs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 05 Mar 2022 05:54
Last Modified: 05 Mar 2022 05:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15379

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics