Strategi pengembangan sumber daya manusia KSPPS Baītul Māl Wa Al-Tamwīl Bina Ummat Sejahtera Pemalang : persepektif manajemen perencanaan dakwah

Syauqi, M. Sulhan (2021) Strategi pengembangan sumber daya manusia KSPPS Baītul Māl Wa Al-Tamwīl Bina Ummat Sejahtera Pemalang : persepektif manajemen perencanaan dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131311032_M._SULHAN SYAUQI] Text (SKRIPSI_131311032_M._SULHAN SYAUQI)
M. Sulhan Syauqi skripsi full - mz syauqi(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sumber Daya Manusia merupakan aset terpenting yang dimiliki setiap organisasi, karena setiap aktivitas dan kegiatannya melibatkan SDM. Akan tetapi kemampuan dan pengetahuan SDM pada dasarnya terbatas, sehingga diperlukan sebuah strategi dalam mengembangkan SDM-nya, salah satunya yaitu melalui pengembangan SDM yang ada di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Pemalang. Karena dalam menghadapi tantangan, perbankan syari’ah harus memiliki SDM syari’ah yang kompeten. SDM yang kompeten yaitu SDM yang memiliki mental dan sikap ukhuwah islamiyah serta pengetahuan dan keterampilan yang memadai. SDM yang kompeten tentunya akan menjadi kunci berkembangnya perbankan syari’ah.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi pengembangan sumber daya manusia di Baītul Māl wa al-Tamwīl Bina Umat Sejahtera Pemalangdan 2) Untuk mengetahui dan menganalisis manajemen perencanaan dakwah pada strategi pengembangan sumber daya manusia di Baītul Māl wa al-Tamwīl Bina Umat Sejahtera Pemalang. Sedangkan manfaat dari penelitian ini yaitu, dapat menambah wawasan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan manajemen perencanaan dakwah dalam pengembangan SDM, sebagai bahan masukan atau pertimbangan oleh perusahaan perbankan khususnya BMT.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian ini adalah manajer dan karyawan, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik yang dilakukan dalam analisis adalah deskriptif kualitatif dan mensajikan sesuai kejadian di lapangan, trianggulasi yang digunakan untuk keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menyimpulkan; 1. Bahwa strategi dalam mengembangkan sumber daya manusia di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Pemalang, meliputi, “program orientasi”, pelatihan dan pengembangan karyawan dalam bentuk beset training, training skill, fanding skill, financing skill, dan E- Learning. Dan terakhir pengajian rutin yang diadakan dua kali dalam tiap bulannya. 2. Dalam persepektif manajemen perencanaan dakwah, strategi pengembangan sumber daya manusia pada KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera meliputi beberapa hal, yaitu pertama perencanaan sumber daya manusia yang islami dan professional, kedua, rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia yang beriman dan berkualitas, yakni memperhatikan unsur profesionalisme, kemampuan, keahlian, dan ketepatan, beriman, berakhlak karimah, jujur, amanah, itqan dan bertanggung jawab, serta dapat menjalankan organisasi atau perusahaan dengan professional, ketiga, orientasi, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dengan tujuan agar berkualitas prima dan berakhlak karimah, keempat, penilaian kinerja sumber daya manusia islami dan kelima yaitu adanya sistem imbalan dan kompensasi yang adil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan sumber daya manusia; KSPPS; Manajemen perencanaan dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 05 Mar 2022 05:59
Last Modified: 05 Mar 2022 05:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15380

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics