Penerapan fungsi perencanaan pada PT. Madinah Iman Wisata Semarang dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan ibadah haji dan umrah pada tahun 2019

Noviyanti, Dwi (2020) Penerapan fungsi perencanaan pada PT. Madinah Iman Wisata Semarang dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan ibadah haji dan umrah pada tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131311055_DWI_NOVIYANTI] Text (SKRIPSI_131311055_DWI_NOVIYANTI)
131311055_Dwi Noviyanti_Full Skripsi(3) - Novy Sigembil.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perencanaan diartikan sebagai proses dasar dimana manajemen memutuskan tujuan dan cara mencapainya. Dari pernyataan tersebut perlu diketahui pentingnya manajemen dalam suatu organisasi, dan pentingnya fungsi perencanaan dalam keberhasilan manajemen. Perencanaan adalah suatu yang sangat penting karena perencanaan merupakan kunci utama dari manajemen, karena tanpa perencanaan berarti tidak ada tujuan yang ingin dicapai. Tanpa perencanaan tidak ada pedoman pelaksanaan sehingga banyak pemborosan. Perencanaan adalah dasar pengendalian tidak dapat dilakukan, tanpa perencanaan bererti tidak ada keputusan dan proses manajemen pun tidak ada.
Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan suatu objek penelitian berdasarkan fakta yang tampak atau sebagaimana seadanya. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan pengecekan keabsahan melalui triangulasi pengumpulan data dan sumber.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapatkan dilapangan yang dimana perencanaan yang dilakukan PT. Madinah Iman Wisata yaitu dengan melakukan pembekalan terhadap seluruh team dua kali satu bulan dalam upaya meningkatkan jamaah haji dan umrah. Dengan menerapkan konsep perencanaan guna memberikan pembinaan, pelayanan,dan perlindungan yang sebaik-baiknya melalui sistem dan manajemen penyelenggara yang baik, agar pelaksanaan ibadah haji dan umrah dapat berjalan dengan aman, tertib dan nyaman. PT. Madinah Iman Wisata dalam pengelolaannya telah menerapkan fungsi perencanaan secara profesional, yakni dengan menentukan tahapan-tahapan yaitu perkiraan dan perhitungan masa depan, penetapan tujuan, penetapan program, penetapan jadwal, penetapan biaya, penetapan prosedur dan penetapan kebijakan.
Dengan menerapkan fungsi perencanaan pelayanan jamaah haji dan umrah yang dilakukan dilakukan PT. Madinah Iman Wisata dapat berjalan dengan lebih terarah dan teratur rapi, sebab dengan fungsi perencanaan segala sesuatu telah dipersiapkan dan direncanakan dengan maksimal baik dari segi pelayanan, informasi yang disampaikan dan fasilitas yang diberikan seperti pelatihan manasik umrah dan pelaksanaan serangkaian ibadah haji dan umrah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fungsi perencanaan; Kualitas pelayanan; Haji dan umroh
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 05 Mar 2022 06:04
Last Modified: 05 Mar 2022 06:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15382

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics