Pendayagunaan program gerakan kotak infaq (Koin) peduli pada majlis ta’lim Mar’atus Sholikhah Pedurungan Semarang

Kusumaningtyas, Soniya Ardiyanti (2020) Pendayagunaan program gerakan kotak infaq (Koin) peduli pada majlis ta’lim Mar’atus Sholikhah Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1311311105_SONIYA_ARDIYANTI_KUSUMANINGTYAS] Text (SKRIPSI_1311311105_SONIYA_ARDIYANTI_KUSUMANINGTYAS)
131311105_Soniya Ardiyanti Kusumaningtyas_FullSkripsi-pdf - soniya ardiyanti(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dengan judul penelitian: Pendayagunaan Program Gerakan Kotak Infak (Koin) Peduli Majlis Ta’lim Mar’atus Sholikhah Pedurungan Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pendayagunaan Pelaksanaan Program Gerakan Kyak Infak (Koin) Peduli Majlis Ta’lim Mar’atus Sholikhah Pedurungan Semarang dan Hasil Pendayagunaan Program Gerakan Kotak nfak (Koin) Peduli Majlis Ta’lim Mar’atus Sholikhah Pedurungan.
Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan untuk mengamati hal yang berkaitan dengan Pendayagunaan Program Gerakan Kotak Infak (Koin) Peduli Majlis Ta’lim Mar’atus Sholikhah Pedurungan Semarang.
Hasil penelitian ini adalah Pendayagunaan Pelaksanaan Program Gerakan Kotak Infak (Koin) Peduli Majlis Ta’lim Mar’atus Sholikhah Pedurungan Semarang dilakukan dengan penerapan teori manajemen pendayagunaan, model manajemen ini dapat diterapkan dalam setiap aktivitas pendayagunaan pelaksanaan dengan konsep sosialisasi, pengumpulan, pendistribusian dan pengawasan. Selama pelaksanaan program para pengurus sudah melaksanakan kegiatan dan tugas pada bidangnya masing-masing dengan baik, meskipun ada kendala yang terjadi para pengurus dapat mengatasinya dengan upaya-upaya yang baik juga. Terbukti dengan banyaknya antusias masyarakat yang berpartisipasi dalam memberikan infaq dalam program gerakan kotak infaq (koin) peduli.
Hasil pendayagunaan program gerakan kotak infaq (koin) peduli pada Majlis Ta’lim Mar’atus Sholikhah Pedurungan Semarang, dilihat dari teori prinsip pendayagunaan, yaitu: diberikan kepada orang yang wajib menerima infaq, manfaat dana infaq dapat di terima dan di rasakan, serta sesuai dengan keperluan mustahiq (konsumtif dan produktif). Berdasarkan analisis penulis, Majlis Ta’lim Mar’atus Sholikhah sudah melakukan kegiatan yang mendukung dalam menciptakan hasil pendayagunaan tentang kemaslahatan yang dikembangkan guna mencapai tujuan sesuai dengan perkembangan tuntutan kebutuhan umat. Terbukti dengan adanya kegiatan pemberdayaan ekonomi yang bersifat produktif sehingga menghasilkan kemandirian dalam memiliki usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gerakan infaq; Majelis taklim; Infaq; Koin peduli
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 05 Mar 2022 06:09
Last Modified: 05 Mar 2022 06:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15384

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics