Strategi dakwah keliling Majelis Ta’lim Malam Selasa di masjid Kecamatan Genuk

Maulana, Much Yasser (2021) Strategi dakwah keliling Majelis Ta’lim Malam Selasa di masjid Kecamatan Genuk. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036003_MUCH_YASSER_MAULANA] Text (SKRIPSI_1601036003_MUCH_YASSER_MAULANA)
1601036003_Much Yasser Maulana_Full Skripsi-dikonversi - M Yasser Maulana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Majelis ta’lim malam selasa ada pada tahun 1990 yang mulanya hanya diawali dengan kajian ilmu secara langsung oleh Kh Ahmad setelah sholat isya’ mengumpulkan jamaahnya dan dihadiri oleh beberapa orang saja , pada tahun 2004 majelis ta’lim ini di pegang oleh para takmir - takmir masjid dengan bertujuan untuk terus berkembangnya majelis ta’lim keliling malam selasa ini. Adanya majelis ta’lim di tengah masyarakat ini bertujuan untuk menciptakan kepribadian masyarakat menjadi lebih beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia serta melestarikan amal – amal sholeh.
Berdasarkan hal tersebut yang menjadi pertanyaan penelitian dalam skripsi peneliti yaitu Bagaimana strategi dakwah keliling majelis ta’lim malam selasa di masjid kecamatan genuk dan Metode yang digunakan oleh majelis ta’lim malam selasa dimasjid kecamatan genuk. Tujuan penelitian ini ialah mengerti apa saja rencana strategi dari majelis ta’lim malam selasa untuk berdakwah di wilayah genuk khususnya dan juga mengerti apa saja metode yang digunakan di majelis ta’lim malam selasa ini. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data primer penelitian ini yaitu penasehat majelis ta’lim , pengurus majelis ta’lim , dan jamaah majelis ta’lim. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang merupakan penelitian non hipotesis, sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis.
Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti yaitu majelis ta’lim malam selasa mempunyai berbagai rencana yang tentunya bertujuan selain berdakwah juga untuk merekatkan tali silaturahmi antar jamaah dengan cara membuat beberapa program kegiatan yang sudah direncanakan, dengan adanya seperti itu ada harapan untuk terus berlangsungnya kegiatan dakwah oleh majlis ta’lim malam salasa. Penerapan beberapa metode yang digunakan juga sangat efektif dalam keberlangsungan majelis ta’lim malam selasa ini. Adapun indikator pencapaian dari serangkaian kegiatan majelis ta’lim malam selasa yaitu bahwa jamaah dapat memahami dan mengamalkan Al Qur’an dan Sunnah dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Metode dakwah; Majelis Ta’lim Malam Seloso
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:50
Last Modified: 07 Apr 2022 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15387

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics