Nilai-nilai dakwah dalam kegiatan wisata religi: studi motivasi peziarah di Makam Mbah Mudzakir Sayung Demak

Fitriyah, Wachidatul (2020) Nilai-nilai dakwah dalam kegiatan wisata religi: studi motivasi peziarah di Makam Mbah Mudzakir Sayung Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036022_WACHIDATUL_FITRIYAH] Text (SKRIPSI_1601036022_WACHIDATUL_FITRIYAH)
1601036022_Wachidatul Fitriyah_Full Skripsi - wachidatul fitriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian skripsi dengan judul “Nilai-nilai Dakwah dalam Kegiatan Wisata Religi (Studi Motivasi Peziarah di Makam Mbah Mudzakir Sayung Demak)” ini ditulis oleh Wachidatul Fitriyah (1601036022) dengan maksud untuk mengetahui apa saja Nilai-nilai Dakwah yang terkandung dalam kegiatan wisata religi di Makam Mbah Mudzakir Sayung Demak.
Berangkat dari fenomena yang ada tentang kondisi motivasi peziarah di makam Mbah Mudzakir Sayung Demak, peneliti melakukan penelitiannya dengan menggunakan jenis penelitian lapangan dengan penyajian secara naratif diskriptif yang bersifat kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun dalam menganalisis data, penulis menggunakan langkah-langkah seperti data reduction, data display dan conclusion drawing verification.
Hasil penelitian ini meliputi : Nilai-nilai dakwah dalam pelaksanaan wisata religi di Makam Mbah Mudzakir Sayung Demak yaitu, nilai ta’aruf, nilai tawakal, nilai syukur, nilai ibadah, nilai spiritual, nilai tauhid dan nilai pendidikan. Wisata religi ini menambah wawasan melalui ta’aruf, mengungkap rasa syukur kepada Allah atas apa yang dicapaiknya, sebagai usaha untuk menyeimbangkan usaha dan doa dengan bertawakal, melakukan doa sebagai salah satu ibadah, menyeimbangkan perasaan batin dan rohani, mengingatkan bahwa semua akan kembali kepada Allah sebagi Tuhan satu-satunya yang patut disembah dan mengambil pelajaran dari perjalan hidup dan perjuangan seorang wali Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata religi; Motivasi; Nilai-nilai dakwah; Makam Mbah Mudzakir
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:00
Last Modified: 07 Apr 2022 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15398

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics