Optimalisasi pendistribusian zakat sebagai sarana mewujudkan kemandirian mustahik: studi kasus BAZNAS Kabupaten Tegal

Mauludiah, Indi Najah (2021) Optimalisasi pendistribusian zakat sebagai sarana mewujudkan kemandirian mustahik: studi kasus BAZNAS Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036027_INDI_NAJAH_MAULUDIAH] Text (SKRIPSI_1601036027_INDI_NAJAH_MAULUDIAH)
1601036027_Indi Najah Mauludiah_skripsi Full - Indi Najah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang dilaksanakan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tegal dengan judul “Optimalisasi Pendistribusian Zakat Sebagai Sarana Mewujudkan Kemandirian Mustahik (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Tegal)” yang ditulis oleh Indi Najah Mauludiah (1601036027). Penelitian ini fokus pada manajemen pendistribusian zakat yang dilakukan BAZNAS Kabupaten, dan upaya BAZNAS Kabupaten Tegal dalam mewujudkan kemandirian mustahik.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskritif. Sumber dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam uji keabsahan data menggunakan uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas) dan confirmability (obyektifitas). Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa BAZNAS Kabupaten Tegal dalam mengoptimalkan pendistribusian zakat, diperlukan adanya langkah-langkah manajemen yang baik dan profesional yaitu dengan dilakukannya perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atau pengawasan. 1) Perencanaan pendistribusian zakat yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Tegal yaitu melakukan analisis sosial permasalahan dan kebutuhan mustahik, sehingga program pendistribusian zakat yang direncanaan dapat berdaya guna bagi mustahik. Kemudian menyusun perencanaan program, rencana kerja, dan anggaran tahunan pendistribusian zakat. 2) Pelaksanaan pendistribusian diwujudkan dengan melalui tiga alur yaitu pengajuan, verifikasi, dan identifikasi mustahik. 3) Pengendalian atau pengawasan, BAZNAS Kabupaten Tegal dalam melaksanakan pengawasan pendistribusian melalui bebarapa tahap, yaitu: menetapkan standar, melaksanakan pemeriksaan, dan terakhir evaluasi. Untuk upaya BAZNAS Kabupaten Tegal dalam mewujudkan kemandirian mustahik adalah dengan memberikan akses kepada mustahik, dalam bentuk: a) Melaksanakan training dan workshop keterampilan. b) Meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat melalui pendidikan formal. c) Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. d) Memberikan dukungan permodalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian zakat; Kemandirian mustahik; BAZNAS Kabupaten Tegal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:25
Last Modified: 07 Apr 2022 04:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15402

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics