Pendidikan karakter disiplin pada siswa di MTs Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan

Arif, Mohammad Husnul (2021) Pendidikan karakter disiplin pada siswa di MTs Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016011_MOHAMMAD_HUSNUL_ARIF] Text (SKRIPSI_1703016011_MOHAMMAD_HUSNUL_ARIF)
SKRIPSI_1703016011_MOHAMMAD_HUSNUL_ARIF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan karakter disiplin pada siswa di MTs Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus akhir-akhir ini yang ditunjukkan dengan krisis karakter, terutama dalam hal karakter disiplin para peserta didik yang masih duduk di bangku sekolah. Fokus permasalahan dalam penelitian yaitu pada metode-metode yang diterapkan dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa serta faktor-faktor yang berpengaruh, pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Kemudian data yang dibutuhkan dalam skripsi ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari kepala madrasah, waka kurikulum, tenaga pendidik dan siswa-siswi MTs Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan, sedangkan sumber data sekunder yaitu dari staf madrasah atau pendukung lain yang diperlukan. Adapun instrumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan data yang diinginkan adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah metode yang diterapkan dalam pendidikan karakter disiplin pada siswa di MTs Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan yaitu meliputi: keteladanan, pembiasaan, pemahaman, penghargaan dan hukuman. Beberapa faktor yang yang berpengaruh dalam pendidikan karakter disiplin siswa di MTs Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan diantaranya: Kesadaran diri peserta didik, teman dekat peserta didik, lingkungan peserta didik. Adapun faktor pendukung dalam pendidikan karakter disiplin siswa meliputi: pendidik, lingkungan, peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya, yakni meliputi: Lingkungan, pendidik, peserta didik, keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Karakter; Disiplin.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 19 Feb 2022 03:49
Last Modified: 19 Feb 2022 03:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15409

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics