Desain busana pengantin sebagai media dakwah: Studi akun Instagram @laksmimuslimah

Palupi, Alifia (2021) Desain busana pengantin sebagai media dakwah: Studi akun Instagram @laksmimuslimah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026006_Alifia Palupi -Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026006_Alifia Palupi -Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah apa saja unsur-unsur desain busana pengantin yang digunakan sebagai media dakwah?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sebuah karya busana menjadi media dakwah melalui unsur-unsur desainnya. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh peneliti menggunakan metode semiotika dengan pendekatan teori dari Charles pierce. Pada tahap pertama peneliti mencari tahu mengenai karya apa saja yang dihasilkan oleh narasumber melui Representament yang dikategorikan kedalam Ikon, Indeks dan simbol, kemudian yang kedua peneliti menentukan objek yang akan diteliti, kemudian langkah ketiga yakni peneliti melakukan interpenant yakni menjelaskan mengenai makna simbol-simbol yang terdapat dalam objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa pada dua tema busana desain karya busana Nur Aini Madjid masing-masing memiliki unsur-unsur desain yang dapat digunakan sebagai media alat penyampaian pesan dakwah antara lain pada unsur bentuk, ukuran, warna, value, tekstur, dan corak. Dan melalui unsur-unsur tersebut kita dapat melihat secara visual bahwasanya busana pengantin muslim karya Nur Aini Madjid terlihat modern, elegant, mewah, namun tetap syar’i dan berdasarkan pada nilai-nilai syariat Islam. Sehingga desain busana pengantin sebagai media dakwah dapat dikatakan sebagai media dakwah alternative secara visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Dakwah; Kreasi Busana; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 646 Sewing, clothing, personal living
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Feb 2022 03:29
Last Modified: 19 Feb 2022 03:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15416

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics