Peranan LMUI dalam mensyiarkan agama Islam di tengah masyarakat majemuk: Lembaga Musyawarah Umat Islam Desa Tlogo Kec. Tuntang Kab. Semarang

Prasetyo, Antoni Feri Budi (2021) Peranan LMUI dalam mensyiarkan agama Islam di tengah masyarakat majemuk: Lembaga Musyawarah Umat Islam Desa Tlogo Kec. Tuntang Kab. Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036043_ANTONI_FERI_BUDI_PRASETYO] Text (SKRIPSI_1601036043_ANTONI_FERI_BUDI_PRASETYO)
1601036043_Antoni Feri Budi Prasetyo_Full Skripsi - Antoni Feri Budi Prasetyo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penulis Antoni Feri Budi Prasetyo, NIM : 1601036043, Skripsi Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan Judul “Peranan Lembaga Musyawarah Umat Islam (LMUI) Desa Tlogo Kec. Tuntang Kab. Semarang Dalam Mensyiarkan Agama Islam Ditengah Masyarakat Majemuk”.
Skripsi ini membahas tentang peranan LMUI dalam mensyiarkan agama Islam ditengah masyarakat majemuk. LMUI merupakan Lembaga Musyawarah Umat Islam yang didirikan dari adanya problematika umat Islam yang disertai dengan kondisi minoritasnya masyarakat muslim didesa Tlogo. Karena minimnya umat muslim, pada zaman dahulu semua birokrasi di kuasai oleh Non Muslim. Dengan problematika yang sedemikian rupa, hal tersebut yang menjadikan masyarakat muslim pada saat itu tidak begitu diperhatikan oleh para pimpinan desa. LMUI memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting didesa Tlogo dalam rangka mempersatukan umat muslim dan mensyiarkan agama Islam. Peranan tersebut dapat dilihat melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh LMUI yaitu, pertama merintis kegiatan Islami kegiatan yang bermaksud supaya masyarakat bisa tertarik untuk mengikuti dan bisa mengenal agama Islam lebih dalam lagi. Kedua, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) hal itu bertujuan untuk membangkitkan semangat dalam mensyiarkan agama Islam dikalangan masyarakat majemuk. Ketiga, Pendidikan agama Islam hal tersebut bertujuan karena anak merupakan sebagai ujung tombak dan generasi penerus dimasa yang akan dating maka dari itu pentingnya kegiatan tersebut dilakukan untuk persiapan kegiatan syiar dimasa yang akan dating.
Penelitian ini bertujuan mengetahui secara jelas Peranan Lembaga Musyawarah Umat Islam (LMUI) dalam mensyiarkan agama Islam ditengah masyarakat majemuk, apa metode dakwah LMUI dalam mensyiarkan agama Islam ditengah masyarakat majemuk, dan Faktor pendukung dan penghambat LMUI dalam mensyiarkan agama Islam ditengah masyarakat majemuk. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, untuk mendapatkan data yang di perlukan peneliti menggunakan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dengan tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan dari penelitian menunjukkan bahwa LMUI merupakan lembaga sosial masyarakat yang hanya ada didesa Tlogo yang tujuannya yaitu mensyiarkan agama Islam dan Menghimpun paham-paham yang ada untuk bersatu bersama-sama untuk kemajuan agama Islam didesa Tlogo. Peranan LMUI bisa dilihat dari banyaknya kegiatan yang dilaksanakan untuk umat Islam desa Tlogo seperti, Yasinan, Tahlilan, Dzibaan dan Pengajian Umum. Metode dakwah yang di gunakan yaitu metode cramah, metode Uswatun Niswah dan metode pembinaan pendidikan anak. Faktor pendukungnya semangat pengurus, biaya, dan dukungan dari perangkat desa sehingga kegiatan bisa berjalan dengan semestinya. Hal ini dapat disimpulkan banwa peranan LMUI ini sangat berpengaruh baik untuk umat Islam didesa Tlogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: LMUI; Masyarakat majemuk
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:42
Last Modified: 07 Apr 2022 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15418

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics