Komodifikasi da’i dalam tayangan realitas Rumah Uya

Fuah, Laya Sri (2020) Komodifikasi da’i dalam tayangan realitas Rumah Uya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026009_LAYA SRI FUAH_skripsi lengkap.pdf] Text
1601026009_LAYA SRI FUAH_skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Da’i memiliki kedudukan yang penting di tengah masyarakat karena dijadikan sebagai petunjuk jalan yang harus mengerti dan memahami terlebih dahulu mana jalan yang boleh dilalui dan yang tidak boleh dilalui oleh seorang muslim. Pada dekade terakhir televisi memberi banyak ruang untuk da’i. Hal itu ditandai dengan kemunculan da’i dalam beberapa program televisi seperti dalam tayangan realitas “Rumah Uya”. Fenomena munculnya para da’i di media televisi adalah salah satu bentuk komodifikasi yang digunakan sebagai daya tarik bagi beberapa program televisi untuk mendapatkan peringkat maupun perhatian dari khalayak, spiritualitas yang ditayangkan melalui televisi akan mengubah kesakralannya. Sosok da’i diposisikan sebagai agen media yang menyebarkan ideologi tertentu sebagaimana yang dikehendaki kuasa elite yang memiliki kontrol penuh. Dalam hal ini, da’i tunduk pada naskah dan konsep acara yang disusun oleh produser serta pemilik media dan pengiklan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, yaitu tayangan realitas “Rumah Uya” yang dijadikan objek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana kritis Fairclough. Metode analisis wacana kritis yang dilakukan merupakan teknik ilmiah ditujukan untuk mengetahui komodifikasi da’i. Berdasarkan data yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa komodifikasi da’i dalam tayangan realitas “Rumah Uya” adalah merekonstruksi peran da’i sebagai penyeru ajaran kebaikan Islam dan sebagai konselor dimanfaatkan oleh pihak media atau pemilik modal demi profit. Praktik komodifikasi yang dilakukan bertujuan untuk melabeli tayangan Rumah Uya dengan nilai religius yang diharapkan mampu menjangkau khalayak muslim sebagai pasar konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Dakwah; Media Dakwah; Strategi Dakwah; Rumah Uya
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Feb 2022 04:10
Last Modified: 19 Feb 2022 04:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15419

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics